Dok BIRU
Rabu, 05 Juni 2024 - 09:17 WIB

BIRU dan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Berkolaborasi Mendorong Penyerapan Tenaga Kerja Lulusan SMK

Presiden Direktur PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) Kristiyanto Widiyawan (kanan) bersama Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Yogi Iswandi
Presiden Direktur PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) Kristiyanto Widiyawan (kanan) bersama Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Yogi Iswandi
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group, IDX: DOID) yang berfokus bidang pendidikan, vokasi, dan ekonomi sirkular, meresmikan kerja sama Pengembangan Pelatihan Keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat. Kemitraan ini mempertegas komitmen BIRU dalam memperluas kontribusinya bagi pertumbuhan ekosistem industri hospitality, khususnya sektor perhotelan, sekaligus mendukung agenda pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM.

Kemitraan ini mencakup pelatihan, pendampingan, konsultasi, dan pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sektor perhotelan. Para siswa akan mengikuti serangkaian pelatihan serta peningkatan kompetensi yang terfokus dan praktis di bidang front office, housekeeping. hingga layanan food and beverage. Selanjutnya, BIRU akan menempatkan siswa dari mitra SMK untuk magang di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, memberikan mereka pengalaman langsung bekerja di hotel berstandar bintang 5. Hotel Royal Tulip Gunung Geulis juga akan berperan aktif dalam mengevaluasi dan memvalidasi modul pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan oleh BIRU.

Menurut Survei Angkatan Kerja Nasional 2024 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka tertinggi adalah lulusan SMK, sebesar 8,62 persen'. Sektor hospitality membuka peluang besar bagi lulusan vokasi, dengan proyeksi kebutuhan tenaga kerja perhotelan mencapai 8,6 juta pada 2024-2025². Kemitraan platform Bisa Ruang Vokasi (BRV) mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan industri melalui konsep 'link and match', mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM sekaligus mengurangi kesenjangan antara kurikulum pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Kristiyanto Widiyawan, Presiden Direktur BIRU, mengatakan, "Kerja sama dengan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis menambah portofolio kemitraan kami dengan industri dalam mengembangkan program pelatihan dan pengembangan kompetensi siswa dan lulusan SMK. Sebagai hotel bintang 5 ternama di Indonesia, Hotel Royal Tulip Gunung Geulis merupakan mitra ideal bagi BIRU untuk mengembangkan modul pelatihan BIRU sesuai dengan standar tertinggi perhotelan, sejalan dengan rencana ekspansi BIRU. Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan sektor perhotelan nasional dan memenuhi kebutuhan industri hospitality akan tenaga kerja terampil yang siap kerja."

Yogi Iswandi, Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, menyambut baik kolaborasi ini, "Kami mengapresiasi kolaborasi bersama BIRU karena kerja sama antara industri dan pendidikan sangat penting untuk menghadapi tantangan di dunia industri yang terus berkembang. Melalui kolaborasi ini, kami mendapatkan akses langsung kepada talenta siap industri yang sesuai standar Hotel Royal Tulip Gunung Geulis. Kami yakin kolaborasi ini akan membuka peluang besarbagi para siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pengetahuan mendalam tentang industri perhotelan."

Sebagai salah satu wujud nyata komitmen environ mental, social and govemance (ESG) Delta Dunia Group, BIRU diharapkan dapat mendukung agenda pembangunan berkelanjutan perusahaan, khususnya dalam hal peningkatan kompetensi SDM yang berdaya saing global melalui pendidikan berbasis industri dan pemberdayaan kewirausahaan sosial. Sebelumnya, BIRU telah menjalin kemitraan serupa dengan Hotel Indah Palace di Solo, Jawa Tengah.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2018, BRV telah berhasil mendukung kebutuhan tenaga kerjadi industri energi dan pertambangan dengan melatih 2.113 siswa SMK dari 23 SMK di seluruh Indonesia. Sejak 2023 BIRU memperluas jangkauannya ke sektor pariwisata dan perhotelan dengan menargetkan 44.000 peserta didik, 2.500 penerima beasiswa, dan 2.000 peserta pengembangan kompetensi guru hingga 2027.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21 jam yang lalu
Akselerasi Layanan Digital Banking, Bank DKI Hadir di Jakarta Fair 2024
Bank DKI menjadikan ajang Jakarta Fair 2024 yang berlangsung pada 12 Juni – 14 Juli 2024 sebagai momentum untuk memperluas penggunaan layanan digital banking dalam mewujudkan penerapan transaksi non-tunai bagi seluruh masyarakat di Jakarta.
 
Nasional
12/06/2024 19:32 WIB
Hadirkan Inovasi Layanan Perbankan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Indonesia Best Living Legend Company 2024
Konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan kemudahan transaksi perbankan bagi masyarakat Jakarta, diapresiasi oleh majalah SWA dengan pemberian penghargaan sebagai Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.
 
Industri
12/06/2024 06:21 WIB
Jaga Ekosistem Laut, ACC Dukung Konservasi Penyu di Bali
ACC mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri.
 
Nasional
11/06/2024 06:31 WIB
Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia
Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.
 
Nasional
08/06/2024 19:44 WIB
Bank DKI Gandeng PT Bangun Niaga Perkasa, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Berjualan di Pasar Sehat Banjaran Kabupaten Bandung
Bank DKI dan PT Bangun Niaga Perkasa menjalin kerja sama, khususnya kemudahan memperoleh dukungan finansial untuk kepemilikan tempat berjualan bagi pedagang di Pasar Sehat Banjaran, Kabupaten Bandung.
 
Nasional
06/06/2024 11:36 WIB
XL Axiata Luncurkan Paket Baru “Bebas Puas” Bebas Pilih Paket Sesuai Isi Kantong dan Kebutuhan
XL Axiata selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan dalam setiap produk dan layanannya agar mereka mendapatkan #kemudahan dan #JadiLebihBaik.
 
Nasional
06/06/2024 11:14 WIB
28 Ilmuwan Muda Memperkenalkan Solusi Inovatif Untuk Kehidupan Sehari-Hari Di Pameran Sains Tahunan Ke 6 SPH
Applied Science Academy (ASA) Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village dengan bangga mempersembahkan pameran keenamnya yang menampilkan hasil penelitian 28 ilmuwan muda, siswa/i anggota ASA, dalam berbagai bidang. Beberapa diantaranya meliputi pengembangan produk, pembuatan prototipe,…
Telkomsel