Dok PGSC
Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:25 WIB

Berikan Edukasi Penggunaan Teknologi, Mahasiswa Magister Komunikasi Sambangi Kawasan Pasar Senen

Mahasiswa Paramadina Graduated School of Communication (PGSC) foto bersama Siswa Sekolah Sosial Bingkai Jalanan
Mahasiswa Paramadina Graduated School of Communication (PGSC) foto bersama Siswa Sekolah Sosial Bingkai Jalanan
Dummy

ECONOMIC ZONE - Mahasiswa Paramadina Graduated School of Communication (PGSC) memberikan edukasi terhadap penggunaan teknologi khususnya internet yang baik bagi remaja. Edukasi ini diberikan kepada Siswa-Siswi Sekolah Sosial Bingkai Jalanan, di Kawasan Pasar Senen Jakarta, Sabtu (22/06/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian para mahasiswa magister komunikasi Universitas Paramadina kepada masyarakat, khususnya anak-anak remaja yang juga berprofesi sebagai pedagang asongan dan pengamen cilik dalam kesehariannya di sekitar Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Adapun materi yang dibawakan oleh tim dari mahasiswa PGSC Universitas Paramadina antara lain manfaat serta dampak buruk dari teknologi, khususnya internet yang sehari-hari dapat diakses dengan mudah melalui telpon genggam oleh anak-anak remaja. Tak hanya itu, materi yang dipaparkan adalah pengenalan berita hoaks serta bagaimana cara menghindari hoaks itu sendiri bagi peserta didik Sekolah Sosial Bingkai Jalanan.

Sejumlah materi yang dibawakan, dikatakan Alka salah seorang perwakilan dari Mahasiswa PGSC Universitas Paramadina menjadi sangat penting untuk diedukasi sejak dini. Sebab menurutnya, para remaja dinilai harus lebih bijak lagi dalam memanfaatkan teknologi dalam hal ini bersosial media di tengah terpaan berita hoaks.

"Berkolaborasi dengan Bingkai Jalanan, kami ingin memberikan edukasi kepada remaja atau anak-anak dari berbagai lapisan sosial untuk bijak dalam bersosial media atau berinternet. Selain itu juga, edukasi tentang berita palsu atau hoaks ini menjadi salah satu materi yang kami tekankan agar generasi selanjutnya dapat terhindar dari hoaks," kata Alka.

Sekolah Sosial Bingkai Jalanan merupakan gerakan sosial yang dibentuk pada tahun 2012 dengan tujuan mulia, yaitu sebagai fasilitas bagi anak-anak pedagang asongan dan pengamen cilik di sekitar Pasar Senen untuk ikut belajar bersama. Dengan demikian, diharapkan anak-anak tersebut tetap mendapat dukungan dan terfasilitasi dalam dunia pendidikan meskipun di luar lembaga pendidikan formal.

Elsa, salah seorang volunteer yang aktif mengajar di Sekolah Sosial Bingkai Jalanan mengatakan, dengan diberikannya edukasi kepada peserta didiknya diharapkan anak-anak yang masuk pada fase usia remaja ini bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Jadi mereka bisa lebih bijak lagi dalam bersosial media," ujarnya.

"Terima kasih kepada para mahasiswa PGSC Universitas Paramadina yang sudah memberikan edukasi ini, semoga ke depan anak-anak didik kami lebih aware terhadap paparan berita hoaks dan tidak menjadi bagian dari penyebar berita hoaks," pungkas Elsa.

Kegiatan ini diikuti dengan santai dan penuh antusias oleh 30 peserta didik dari Sekolah Sosial Bingkai Jalanan. Adapun tim dari Mahasiswa PGSC Universitas Paramadina ini antara lain Fikri Alkausar, Luthfi Sulistyo, Ghois Riyadh, Muhammad Adam Faris, Doni Fabrianus dan Anggi Budiman.

 

 

 

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
27 menit yang lalu
Bank Mandiri Taspen dan BSSN Gelar Seminar Memperkuat Kesadaran dan Keamanan Siber
Bank Mandiri Taspen telah mengambil langkah maju dalam memperkuat kesadaran dan keamanan siber di lingkungan internal.
 
Nasional
3 jam yang lalu
BTN Sabet Euromoney Awards For Exellence 2024
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Bank For Diversity and Inclusion dalam Ajang Euromoney Awards For Exellence 2024 di London, pada 18 Juli 2024. BTN menjadi satu-satunya bank asal Indonesia yang meraih penghargaan Euromoney Awards…
 
Industri
18/07/2024 10:54 WIB
Truk Terlaris di Indonesia, Mitsubishi FUSO Luncurkan eCanter
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menampilkan inovasi produk dan layanan purnajual dengan meluncurkan truk listrik eCanter di ajang GIIAS 2024.
 
Nasional
16/07/2024 14:42 WIB
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024, Dua Peserta Terbaik Indonesia Siap Bersaing di Tingkat Regional
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024 merupakan kompetisi menyanyi yang digelar untuk mencari individu berbakat di ASEAN sekaligus sebagai salah satu upaya memperkenalkan jaringan dan kapabilitas regional CIMB Group di Asia Tenggara.
 
Nasional
13/07/2024 09:28 WIB
Pemasangan Akhir Sayap Kiri Bilah Burung Garuda Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara
Sebagai informasi, bilah selubung sayap garuda terakhir untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tuntas dikirim dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke ibu kota negara baru di Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.
 
Nasional
12/07/2024 08:17 WIB
BSI Targetkan Top 3 Bank Syariah Global: Perjalanan dan Tantangan di Balik Mega Merger
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengukuhkan visi untuk menjadi Top 3 Bank Syariah Global dari sisi kapitalisasi pasar dalam waktu 10 tahun mendatang.
 
Nasional
11/07/2024 19:00 WIB
Bank DKI Raih Penghargaan Best Bank 2024
Atas pencapaian kinerja tahun buku 2023, Bank DKI kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan The Best Bank Awards 2024 kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) II: Sampai dengan Rp14 Triliun, dari media Investortrust.id. Penghargaan…
Telkomsel