Dok Karcher
Rabu, 19 Juni 2024 - 21:53 WIB

Kärcher Bersihkan Bajra Sandhi, sebagai bagian dari Cultural Sponsorship Programme

Thorsten Marco Möwes, Kärcher Project Manager Restorative Cleaning Projects Worldwide membersihkan Monumen Bajra Sandhi yang merupakan sebuah lambang bersejarah ikonik
Thorsten Marco Möwes, Kärcher Project Manager Restorative Cleaning Projects Worldwide membersihkan Monumen Bajra Sandhi yang merupakan sebuah lambang bersejarah ikonik
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kärcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan terkemuka di dunia, saat ini membersihkan Monumen Bajra Sandhi tanpa biaya, sebuah lambang bersejarah ikonik yang terletak di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar, Bali. İnisiatif ini adalah bagian dari International Cultural Sponsoring Programme milik Kärcher yang dijadwalkan berlangsung dari 12 hingga 26 Juni 2024. Inisiatif pembersihan ini menunjukkan komitmen Kärcher untuk melestarikan monumen yang memiliki nilai sejarah atau budaya yang tinggi.

Terletak di negara dengan iklim tropis monsoon, kelembaban tinggi dan curah hujan yang sering menjadi alasan mengapa Bajra Sandhi menjadi media sempurna bagi pembiakan (Proliferasi) alga, lumut, jamur, lumut kerak, dan bakteri. Selain itu, fasad monumen yang rompal memungkinkan bibit tanaman untuk berakar melalui sambungan dan retakan di permukaannya. Jika tidak dihilangkan dan dibersihkan, pertumbuhan organisme hidup dengan akarnya dapat menyebabkan kerusakan pada substansi batunya.

Untuk melestarikan peninggalan bersejarah yang berharga ini, Kärcher Indonesia dan para ahli pembersih berpengalaman dari Jerman bekerja sama dengan pengelola Bajra Sandhi akan menggunakan alat model uap tanpa tekanan dari pembersih bertekanan tinggi dengan air panas super-class untuk menghilangkan kotoran yang disebabkan oleh pertumbuhan organisme hidup yang ada di permukaan bangunan.

Klaus Puhmeyer, Regional President of Kärcher ASEAN region, Korea & Taiwan menyatakan bahwa Bajra Sandhi dipilih karena sejarahnya yang penting serta bahan batu lava Bali yang unik dan tradisional. Bajra Sandhi juga berfungsi sebagai ruang edukasi dan seni yang menjadi daya tarik pengunjung dari seluruh dunia. "Mendukung pelestarian monumen ini untuk generasi mendatang membutuhkan pengetahuan dan alat yang tepat," tegasnya. "Mengingat ukuran monumen, kami tidak akan mampu membersihkan seluruh bangunan. Namun, kami akan mendirikan fondasi dan memberikan pelatihan untuk pengelola monumen guna memastikan pelestariannya diamasa depan."

Menggunakan Pembersih Tekanan Tinggi HDS 13/20-4S Super Class buatan Jerman dalam mode uap. Mode uap ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan pertumbuhan organisme hidup dan pencemaran lain yang berdampak buruk yang dapat merusak permukaan batu seiring waktu. Berbeda dengan pembersihan bertekanan tinggi, pembersihan uap hampir sepenuhnya menghilangkan komponen tekanan. Hanya 0,5 hingga 1 bar yang diterapkan pada permukaan batu. Efek pembersihan dengan suhu sekitar 95°C pada permukaan batu terutama dicapai melalui faktor suhu.

Ini adalah salah satu teknik paling lembut untuk membersihkan dan melestarikan bahan bangunan mineral dan sering digunakan untuk menghilangkan pertumbuhan organisme hidup pada batu alam. Spora yang tertanam sangat dalam juga diminimalkan oleh uap panas, yang menunda kembalinya pertumbuhan.

Proyek ini menandai inisiatif pembersihan kedua Kärcher di Indonesia; yang pertama adalah pembersihan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta pada tahun 2014, seperti yang dijelaskan oleh Mateus Bernath, Managing Director Kärcher Indonesia. "Tim Kärcher yang terlibat dalam pembersihan Monumen Bajra Sandhi terdiri dari lima anggota, termasuk satu spesialis dari Jerman."

Monumen Bajra Sandhi, yang menyerupai lonceng yang digunakan oleh pendeta Hindu (Bajra), memiliki eksterior yang kaya dengan detail ornamen Bali, mencerminkan ajaran filosofis Hindu dan melambangkan nasionalis medengan 17 gerbang utama, 8 pilar, dan total tinggi 45 meter, mewakili Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus1945. Dirancang oleh arsitek Ir. Ida Bagus Gede Yadnya pada tahun 1981, monumen mencerminkan makna budaya yang mendalam.

Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha - Kepala Dinas Kebudayaan Bali melanjutkan, "Kami menghargai upaya Kärcher untuk membantu melestarikan salah satu monumen penting di Bali. Bajra Sandhi adalah monumen yang ingin kami lestarikan sebagai bagian dari warisan budaya kami.".

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
18 menit yang lalu
Bank Mandiri Taspen dan BSSN Gelar Seminar Memperkuat Kesadaran dan Keamanan Siber
Bank Mandiri Taspen telah mengambil langkah maju dalam memperkuat kesadaran dan keamanan siber di lingkungan internal.
 
Nasional
3 jam yang lalu
BTN Sabet Euromoney Awards For Exellence 2024
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Bank For Diversity and Inclusion dalam Ajang Euromoney Awards For Exellence 2024 di London, pada 18 Juli 2024. BTN menjadi satu-satunya bank asal Indonesia yang meraih penghargaan Euromoney Awards…
 
Industri
18/07/2024 10:54 WIB
Truk Terlaris di Indonesia, Mitsubishi FUSO Luncurkan eCanter
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menampilkan inovasi produk dan layanan purnajual dengan meluncurkan truk listrik eCanter di ajang GIIAS 2024.
 
Nasional
16/07/2024 14:42 WIB
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024, Dua Peserta Terbaik Indonesia Siap Bersaing di Tingkat Regional
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024 merupakan kompetisi menyanyi yang digelar untuk mencari individu berbakat di ASEAN sekaligus sebagai salah satu upaya memperkenalkan jaringan dan kapabilitas regional CIMB Group di Asia Tenggara.
 
Nasional
13/07/2024 09:28 WIB
Pemasangan Akhir Sayap Kiri Bilah Burung Garuda Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara
Sebagai informasi, bilah selubung sayap garuda terakhir untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tuntas dikirim dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke ibu kota negara baru di Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.
 
Nasional
12/07/2024 08:17 WIB
BSI Targetkan Top 3 Bank Syariah Global: Perjalanan dan Tantangan di Balik Mega Merger
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengukuhkan visi untuk menjadi Top 3 Bank Syariah Global dari sisi kapitalisasi pasar dalam waktu 10 tahun mendatang.
 
Nasional
11/07/2024 19:00 WIB
Bank DKI Raih Penghargaan Best Bank 2024
Atas pencapaian kinerja tahun buku 2023, Bank DKI kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan The Best Bank Awards 2024 kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) II: Sampai dengan Rp14 Triliun, dari media Investortrust.id. Penghargaan…
Telkomsel