Fery Pradolo
Senin, 29 April 2024 - 19:53 WIB

Program Literasi Digital IMCD 2024 Luncurkan Kampanye #MakinHepii

Program Literasi Digital IMCD 2024 Luncurkan Kampanye #MakinHepii
Program Literasi Digital IMCD 2024 Luncurkan Kampanye #MakinHepii
Dummy

ECONOMIC ZONEKementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Program Literasi Digital Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) luncurkan kampanye #MakinHepii. Kampanye tersebut bertujuan agar dalam menggunakan teknologi digital, masyarakat dapat semakin bahagia, menemukan inspirasi positif, hiburan dan manfaat positif dari teknologi digital serta terhindar dari terpaan konten negatif berupa judi online dan pornografi.

Tahun 2024 merupakan tahun kelima dari penyelenggaraan Program Literasi Digital IMCD sejak program bergulir pada tahun 2020. Literasi Digital IMCD telah terselenggara secara masif di 38 provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan capaian peserta yang mendapatkan literasi di bidang digital sebanyak lebih dari 30 juta orang.

“Penyelenggaraan tahun ke-5 dari Program Literasi Digital IMCD mengambil tema kampanye #MakinHepii. Maknanya bahwa dalam menggunakan teknologi digital, seluruh masyarakat dapat semakin hepi, menemukan inspirasi positif, hiburan dan manfaat positif dari teknologi digital serta terhindar dari terpaan konten negatif berupa judi online, pornografi dan lain sebagainya,” ucap Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso, saat Peluncuran Kampanye #MakinHepii di Jakarta, Jumat (26/04/2024).

Beberapa bulan ini, lanjut Slamet, masyarakat Indonesia telah menyelesaikan Pemilihan Umum dan telah ditetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk tahun 2025-2029. Ia berharap dengan kampanye #MakinHepii diharapkan konflik, pertentangan, dan perdebatan yang terjadi dapat diakhiri, sehingga seluruh masyarakat dapat kembali menjalankan kehidupan sehari-hari dengan semangat baru dan optimis.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pemberdayaan Informatika juga meminta agar kampanye #MakinHepii dapat seluas-luasnya disampaikan kepada masyarakat.

“Untuk mendukung kampanye #MakinHepii, masyarakat juga dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman penggunaan teknologi digital dengan mengikuti Program Literasi Digital IMCD melalui website event.literasidigital.id. Ada banyak tema dan topik yang diselenggarakan di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia secara gratis,” ajak Slamet.

Sementara itu Aurelie Moeremans aktris yang menjadi talent kampanye #MakinHepii mengatakan bangga mendapat kepercayaan untuk terlibat dalam kampanye tersebut.

“Hal ini semakin membuat saya semangat untuk membuat konten yang mengedukasi, menginspirasi, dan berdampak baik bagi publik. Karena saya semakin sadar bahwa apa yang saya unggah di media sosial bisa mempengaruhi mereka yang melihatnya,” ucap Aurelie.

Hal senada juga turut diungkapkan oleh Jui Purwoto, seniman multitalenta yang dipercaya menjadi produser musik untuk kampanye #MakinHepii. Jui mendorong publik agar menggunakan internet secara positif dan terus mengusung nilai budaya nasional.

“Internet dapat dimanfaatkan untuk banyak hal bermanfaat, misalnya bagi saya bisa mengasah kreativitas. Jadi saya senang dapat berkontribusi dalam kampanye ini melalui musik dan komedi. Harapannya publik bisa teredukasi dengan cara yang menghibur dan cocok dengan budaya netizen +62,” pungkas Jui.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
9 jam yang lalu
Pentingnya Peran Orang Tua Membimbing Anak dalam Penggunaan Gadget
Orang tua memegang peranan penting untuk membimbing anak dalam penggunaan gadget. Risiko paparan konten digital yang belum pantas dilihat anak usia dini semakin meningkat, menuntut peran aktif orang tua dalam membimbing pemanfaatan dan penggunaan gadget yang bijak bagi anak.
 
Nasional
19/05/2024 15:55 WIB
Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Ikut BTN Jakarta Marathon 2024
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan ‘BTN Jakarta International Marathon (Jakim) pada tanggal 23 Juni 2024. Lomba lari ini tidak…
 
Nasional
17/05/2024 18:10 WIB
Sukseskan World Water Forum Ke-10 XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera
T XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan 4G miliknya guna mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum (WWF) ke-10, yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.
 
Nasional
17/05/2024 08:53 WIB
Peringati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, Sensodyne Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Kesehatan Gigi
Memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, brand Haleon, Sensodyne berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Pengurus Wilayah (PDGI Pengwil) Jakarta dan para retailer menyelenggarakan Fun Walk dan edukasi kesehatan gigi di Jakarta.
 
Nasional
15/05/2024 14:24 WIB
Jawab Tantangan Rendahnya Literasi IKNB, IFG Luncurkan Buku Terkait Asuransi dan Dana Pensiun
IFG luncurkan buku ‘menuju masa depan berkelanjutan: mengeksplor untapped potentials di sektor asuransi dan dana pensiun’.
 
Nasional
14/05/2024 21:43 WIB
Bank DKI Gandeng Perumda Pasar Pakuan Jaya, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor
Bank DKI dan Perumda Pasar Pakuan Jaya menjalin kerja sama, khusus untuk memberikan dukungan finansial kepada para pelaku usaha dalam mendapatkan kepemilikan tempat usaha agar lebih mudah dan terjangkau di wilayah Pasar Sukasari Bogor.
 
Nasional
14/05/2024 17:37 WIB
Dorong Transaksi Saham dan Investasi Reksa Dana, Mirae Asset Gelar HOTS Championship Season 12
PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia mendorong transaksi saham dan investasi reksa dana dengan menggelar kejuaraan online trading saham terbesar yaitu HOTS Championship Season 12 (HCS 12) yang akan dimulai pada 27 Mei 2024.
Telkomsel