RM
Selasa, 14 September 2021 - 15:57 WIB

Mentan Kunjungi Areal Penangkaran Benih Padi Binaan PT Pertani di Mempawah, Kalbar

Foto/Dok-Pertani/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Pertani/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri acara Temu Lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan verietas Inpari 32, Inpari 36 dan Inpari 37 pada Kelompok Usaha Bersama yang merupakan Binaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, di Desa Kecurit, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (12/9).

Kelompok Usaha Bersama (Sarmen) merupakan salah satu penangkaran yang berkerjasama dengan PT Pertani (Persero) Cabang Kalimatan Barat untuk berkontribusi menjadi offtaker serta membantu memenuhi kebutuhan benih padi di Provinsi Kalimantan Barat.

Kunjungan tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan Anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil Kalbar II Yessy Melania dan Dapil Kalbar I Maria Lestari, serta Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan bersama OPD terkait dan Bupati Mempawah, Erlina.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kabupaten Mempawah mempunyai posisi yang strategis karena selain tanahnya yang subur juga terdapat dukungan air yang melimpah dan dari segi aspek pasar Kab.Mempawah memiliki potensi ekspor yang terbuka lebar.

“Saya yakin lahan di sini bisa menjadi sumber ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Karena tanaman pangannya menjanjikan, perkebunannya juga menjanjikan, dan tentu saja ekspor juga sangat menjanjikan” urainya.

Sementara itu Direkur Utama PT Pertani (Persero) Maryono, mengatakan pihaknya akan memaksimalkan peran PT Pertani dalam mengangkat potensi pertanian khususnya di Kalimantan Barat.

“Kami akan turut men-support pemenuhan benih padi khususnya dikawasan kalbar serta daerah perbatasan. Tentunya ini dilakukan untuk kesejahteraan petani melalui kolaborasi yang strategis bersama jajaran Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Mentan beserta jajaran menyerahkan bantuan benih padi unggul, serta sejumlah alsintan dan menyerahkan KUR dari BRI dan BNI untuk petani di daerah tersebut.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21/09/2021 20:54 WIB
Presiden RI Jokowi: Industri Baja Pilar Penting Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo dalam peresmian Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel (Persero) mengungkapkan transformasi BUMN menjadi keharusan agar BUMN-BUMN menjadi BUMN kelas dunia, semakin profesional, semakin kompetitif, semakin menguntungkan, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik…
 
Nasional
21/09/2021 20:51 WIB
Dukung PON XX Papua, Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Penerbangan Dari dan Menuju Papua
Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia beserta anak usahanya Citilink akan meningkatkan kapasitas penerbangan dengan menambah frekuensi…
 
Nasional
21/09/2021 20:49 WIB
Dorong Konsumsi Listrik, PLN Jalankan Empat Strategi
Aktivitas masyarakat menunjukkan sinyal pertumbuhan ekonomi yang baik. Salah satu indikasinya hingga Agustus 2021, realisasi konsumsi listrik mencapai 166,17 TWh.
 
Nasional
20/09/2021 18:39 WIB
Kota Kasablanka Sukses Distribusikan Lebih Dari 100.000 Vaksin Covid-19
Kota Kasablanka member of Pakuwon Group terus mendukung program pendistribusian vaksin covid-19 sesuai instruksi dan arahan pemerintah. Sejak bulan April 2021 hingga saat ini, Kota Kasablanka telah sukses mendistribusikan lebih dari 100.000 vaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi yang…
 
Nasional
20/09/2021 17:05 WIB
Holding BUMN Pangan, Presiden Joko Widodo Keluarkan Tiga Peraturan Pemerintah
Presiden Joko Widodo resmi menandatangani 3 (tiga) Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia terkait penggabungan BUMN Pangan sebagai proses menuju holding BUMN Pangan
 
Nasional
20/09/2021 17:03 WIB
Pengguna KRL Naik, KAI Commuter Konsisten Lakukan Prokes dan Pembatasan Penumpang
Melandainya penyebaran Covid-19 seiring dengan relaksasi PPKM yang diberlakukan pemerintah secara langsung meningkatkan aktivitas ekonomi di masyarakat.
 
Nasional
20/09/2021 16:57 WIB
Erick Thohir Janji ke Petani Tebu, Lapor Saya jika Tahun Depan Tidak Dapat Bibit Berkualitas
Menteri BUMN, Erick Thohir dalam kunjungan kerja ke Banyuwangi menyambangi PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII di lahan seluas 102,4 hektar yang terletak di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini.
Telkomsel