Gilbert Sem Sandro
Rabu, 07 April 2021 - 11:33 WIB

Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB

Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).

Pertama, Jokowi menginstrusikan untuk mempercepat operasi pencarian, evakuasi, dan penyelamatan korban yang belum ditemukan.

"Saya minta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Basarnas, dibantu dengan Panglima TNI dan Kapolri dengan seluruh jajarannya untuk menjangkau lebih banyak wilayah yang terisolir dan berbagai gugus pulau di NTT, di Pulau Alor, Pulau Pantar, dan pulau-pulau lainnya untuk melancarkan proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban,” ujar Jokowi, saat Rapat Terbatas(Ratas), di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Presiden juga memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membantu mengerahkan alat-alat berat dari berbagai tempat, guna membuka akses medan yang sulit di tembus.

“Saya juga minta agar dipercepat pembukaan akses melalui darat, laut maupun udara,” lanjut Jokowi.

Kedua, Presiden minta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memastikan pelayanan kesehatan dan penanganan korban yang memerlukan pertolongan medis. 

"Perbanyak tempat-tempat pelayanan kesehatan di lapangan, juga mempersiapkan rumah sakit untuk menangani para korban, serta memastikan ketersediaan tenaga medis dan obat-obatannya,” kata Jokowi.

Ketiga, orang nomor satu di Indonesia tersebut juga memerintahkan agar, kebutuhan dasar dan logistik bagi para pengungsi bisa segera dipenuhi. Ia ingin pihak-pihak terkait mencari cara yang efektif agar bantuan-bantuan bisa segera sampai kepada pengungsi.

"Saya harap BNPB dan Pemerintah Daerah (Pemda) segera memenuhi bantuan kebutuhan dasar logistik, tenda, dapur umum, air bersih dan MCK (Mandi-Cuci-Kakus) kepada para pengungsi," lanjutnya.

Keempat, Kepala Negara memerintahkan percepatan perbaikan infrastruktur penunjang yang rusak akibat bencana tersebut.

“Percepat perbaikan infrastruktur yang rusak, saya melihat ada beberapa jembatan yang roboh, akses jalan juga. Segera pulihkan jaringan listrik, jaringan telekomunikasi, jaringan internet, juga distribusi logistik dan BBM, sehingga ini bantuan dapat segera tersalurkan ke masyarakat yang menjadi korban bencana,” pungkas Jokowi.

Yang terakhir, Presiden meminta jajarannya untuk mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi akibat cuaca sangat ekstrem yang melanda berbagai kawasan di Indonesia.

Jokowi juga meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) untuk menggencarkan peringatan cuaca ekstrem yang sedang melanda, akibat Siklon Tropis Seroja yang ada saat ini.

"Pastikan seluruh kepala daerah dan masyarakat harus tahu perkiraan cuaca dan iklim yang dikeluarkan oleh BMK. Sehingga masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaannya untuk menghadapi ancaman risiko, baik itu angin kencang, bahaya banjir, banjir bandang, dan tanah longsor,” tutup Presiden Joko Widodo.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/04/2021 18:44 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2021
Pemerintah melalui memastikan stok pangan selama Ramadan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.
 
Nasional
07/04/2021 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 19, TMII Diambil Alih Negara
"Presiden telah menerbitkan Perpres nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
 
Nasional
30/03/2021 20:23 WIB
Nadiem Makarim Tentang Sekolah Tatap Muka: Tanya Pemda Masing-Masing
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, meminta masyarakat untuk menanyakan kapan sekolah dibuka, kepada Bupati/Walikota dan Gubernur ebagai pimpinan pemerintah daerah.
Telkomsel