I.E.K
Rabu, 01 Juli 2020 - 11:30 WIB

Kuartal 1/2020, Indihome Telkom Tumbuh 19,7 Persen

Foto/Dok-Indihome/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Indihome/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Di tengah kondisi industri yang disruptive, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatat pendapatan konsolidasi kuartal 1/2020 sebesar Rp34,19 triliun. Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) Perseroan tercatat Rp18,76 triliun dengan Laba Bersih sebesar Rp5,86 triliun.

“Pencapaian ini dikontribusi oleh Digital Business Telkomsel dan fixed broadband IndiHome sebagai mesin pertumbuhan Perseroan yang mencatatkan pertumbuhan masing-masing 16,3 persen dan 19,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu,” kata Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (1/7).

Pada segmen Mobile, Telkom melalui entitas anak Telkomsel, mencatatkan pendapatan Rp15,83 triliun yang didorong oleh pendapatan Data dan Digital Services, dengan total kontribusi sebesar 70,6 persen dari total pendapatan Telkomsel atau meningkat dari kontribusi sebesar 61,4 persen di tahun lalu. Hal ini tidak lepas dari besarnya basis pelanggan sebesar 162,6 juta pelanggan, dengan pengguna mobile data tercatat sebanyak 105,1 juta pelanggan. Rerata konsumsi layanan data juga meningkat signifikan 42,4% menjadi 6.533 MB per pelanggan, sehingga lalu lintas data juga terus meningkat 41,7% menjadi 1.996.842 Terabyte.

Dengan pertumbuhan trafik data yang demikian pesatnya, selama tiga bulan pertama di tahun 2020, Telkomsel telah membangun lebih dari 7.088 Base Transceiver Station (BTS) yang seluruhnya berbasis 4G. Hingga saat ini, Telkomsel telah memiliki total BTS sebanyak 219.323 unit dengan BTS 3G dan 4G/LTE mencapai lebih dari 169 ribu unit atau 77,1 persen dari total keseluruhan.

Layanan fixed broadband IndiHome terus mempertahankan kinerja yang semakin kuat dengan pendapatan sebesar Rp5,1 triliun. Jumlah pelanggan IndiHome pada kuartal pertama 2020 pun tumbuh 31,4% YoY menjadi 7,3 juta pelanggan. Sebagai upaya mempertahankan posisinya sebagai market leader, IndiHome telah mengeluarkan paket yang lebih terjangkau (affordable) untuk menyasar segmen pelanggan yang lebih luas lagi guna meningkatkan penetrasi fixed broadband di Indonesia. Di samping itu, IndiHome juga terus berupaya untuk menambah layanan digital serta konten-konten yang menarik.

“Kami memprioritaskan lini bisnis yang memiliki prospek pertumbuhan yang baik, disertai upaya-upaya untuk memperoleh pendapatan yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan margin profitabilitas dan menjaga pertumbuhan kinerja Perseroan yang sustainable ke depan,” kata Ririek Adriansyah.

Pada dasarnya Telkom memiliki portfolio bisnis yang beragam, sehingga tidak terlalu bergantung pada salah satu segmen bisnis. Jika terjadi pelemahan di salah satu segmen, maka akan diimbangi dengan pertumbuhan di segmen lainnya. Meski dalam kondisi persaingan yang ketat di industri telekomunikasi, Telkom terus membangun infrastruktur broadband baik untuk mobile maupun fixed line guna menjamin pertumbuhan bisnis di masa depan.

“Dari nilai penyerapan belanja modal Perseroan di kuartal 1/2020 sebesar Rp3,7 triliun. Selain membangun infrastruktur broadband (digital connectivity), TelkomGroup secara intensif terus mengembangkan digital platform dan digital service sebagai value added dari core competency perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang,” terangnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Industri
02/11/2024 15:47 WIB
BNI dan BSD Jalin Kerja Sama Pembiayaan Mitra Lewat BNIdirect Supply Chain
BNI kolaborasi dengan BSD sediakan pembiayaan vendor melalui BNIdirect Supply Chain, dukung seamless operation dan produktivitas.
 
Nasional
01/11/2024 04:56 WIB
Leica Geosystems dan PT Datascrip Hadirkan Solusi Teknologi Pengukuran Modern untuk Program Perumahan Rakyat
Program pembangunan tiga juta rumah per tahun akan digulirkan oleh pemerintah guna menyediakan hunian layak bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah.
 
Nasional
31/10/2024 21:45 WIB
BNI Indonesian Masters 2024 Hadirkan Pegolf Dunia, Persaingan Ketat untuk Hadiah USD 2 Juta
BNI Indonesian Masters 2024 hadirkan persaingan ketat pegolf dunia dengan hadiah USD 2 juta di Royale Jakarta Golf Club
 
Nasional
31/10/2024 18:22 WIB
Resmi Rilis di Indonesia, POCO C75 Jadi Hape Sejutaan dengan Performa Ekstrem Paling Savage!
POCO, brand teknologi yang populer di kalangan tech-enthusiast muda, hari ini mengumumkan peluncuran POCO C75 di Indonesia. Memadukan desain ramping dengan layar imersif berukuran 6,88 inci dan refresh rate 120Hz, POCO C75 siap menjadi pilihan paling savage bagi pengguna yang menginginkan…
 
Nasional
31/10/2024 04:57 WIB
UR Festival 2024
Erajaya Active Lifestyle (ticker code: ERAL) melalui merek ritel Urban Republic, menggelar UR Festival 2024, festival belanja yang digelar pada tanggal 28 Oktober-3 November 2024 bertempat di The Forum, Mall Kelapa Gading 3.
 
Nasional
30/10/2024 22:40 WIB
Bank DKI Mencatat Pertumbuhan Kredit dan Pembiayaan UMKM Sebesar 15,54% di Q3/2024
Bank DKI melaporkan pertumbuhan kredit dan pembiayaan di sektor UMKM sebesar 15,54% secara Year-on-Year (YoY), dari Rp4,93 triliun pada September 2023 menjadi Rp5,70 triliun pada September 2024. Pertumbuhan ini mencakup peningkatan sebesar 14,33%
 
Nasional
30/10/2024 16:32 WIB
Langkah Membumi Festival Kembali Digelar, Dorong Potensi Green Jobs dan Ekonomi Sirkular di Lintas Sektor
Blibli Tiket Action bersama Ecoxyztem Rangkul 70 Kolaborator Ciptakan Kesempatan di Tengah Perubahan Iklim
Telkomsel