Endang Muchtar
Senin, 16 Januari 2023 - 09:28 WIB

Memasuki Kuartai I/2023 Pemerintah Genjot Pembangunan di IKN

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA - Pemerintah akan lebih agresif dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada awal tahun ini. Proyek yang telah dilelang pada 2022 akan mulai memasuki masa konstruksi pada kuartal I/2023. Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan pada awal tahun ini pemerintah akan memulai konstruksi untuk Kawasan Istana Presiden, Kawasan Pendukung Kantor Istana Presiden, Kantor Sekretariat Negara, dan Kantor Kementerian Koordinator, jelas dalam siaran pers nya. 

Selain itu, Danis kegiatan persiapan pengembangan lahan atau land development juga terus dilakukan, terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara 1A yang merupakan bagian dari pembangunan tahap pertama hingga 2024. Kendati demikian, pada saat yang sama pemerintah juga tengah menyiapkan lahan di KIPP 1B yang akan ditawarkan kepada investor. "1B sedang dalam tahap persiapan, sementara kita siapkan 1A itu terkait target 2024, 1B-1C untuk yang investasi," jelasnya. 

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyampaikan bahwa pada kuartal I/2023 proses pembangunan IKN bakal digenjot. Dia menjelaskan alasan pembangunan makin dikebut lantaran logistik untuk pembangunan IKN sudah mulai masuk ke area pembangunan. "Kuartal I/2023 kami melihat progres dimulai konstruksi di lapangan yang lebih besar dan yang lebih masif karena kontrak konstruksi yang di buat PU semua sudah di tanda tangan dan sudah mulai mobilisasi," kata Bambang. 

Dia menambahkan pemerintah akan menggenjot progres pembangunan yang terkait dengan pembukaan lahan dan pembangunan lahan tanpa melepaskan pertimbangkan aspek lingkungan. "Kami kan membangun sesuai dengan alam jadi nanti tidak semua kita hajar untuk dipotong, tetapi akan disesuaikan. Nanti akan kelihatan sumbu kebangsaan seperti apa. Ada jalan akses barat akses timur. Kemudian ada di situ istananya seperti apa," tuturnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Bisnis
10 menit yang lalu
Deddy Corbuzier Mantap Investasikan Dananya untuk K3Mart
K3Mart berinovasi dengan menghadirkan Mie Instan Terlengkap di Indonesia "Ramen Heaven", dan Ramen DIY pertama di Indonesia dengan menawarkan pengalaman memasak mie insant ala korea sendiri.
 
Nasional
25/01/2023 21:04 WIB
PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) Luncurkan 3 Kapal Pandu Baru
PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) hari ini meluncurkan tiga kapal pandu baru di Galangan Kapal PT Yasa Wahana Tirta Samudera (Group Samudera Indonesia) Semarang.
 
Nasional
25/01/2023 21:02 WIB
DUKUNG UMKM GO GLOBAL: PANDI REALISASIKAN PENINGKATAN 500% JUMLAH PENGGUNA DOMAIN BIZ.ID DI TAHUN 2022
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menggelar konferensi pers terkait kinerja nama domain .ID tahun 2022. Konferensi pers ini dilaksanakan pada Rabu (25/01/2022) di Hotel Grand Mercure, Gatot Subroto, Jakarta.
 
Nasional
24/01/2023 17:57 WIB
"Bersama Bercahaya" CIMB Niaga Syariah, Ajak Indonesia Perkuat Kolaborasi di Haya Fest 2023
Haya Festival (Haya Fest) kembali hadir menyapa masyarakat Indonesia. Setelah tiga kali diselenggarakan secara online sejak 2020, tahun ini kegiatan flagship dari Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) ini dikemas dalam format baru secara hybrid memadukan…
 
Nasional
20/01/2023 14:15 WIB
BI Minta Perbankan Jangan Buru - Buru Naikan Bungan Kredit
Bank Indonesia (BI) meminta kepada perbankan untuk terburu-buru dalam menaikan suku bunga kredit, pasca kenaikan suku bunga acuan atau BI-7 Days Reverse Repo Rate sebesar 5,75%.
 
Nasional
18/01/2023 14:57 WIB
CIMB Niaga Syariah Salurkan Donasi Dana Kebajikan ke BAZNAS Kota Medan
Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyalurkan donasi Dana Kebajikan sebesar Rp250 juta yang berasal dari nasabah kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Medan.
 
Nasional
17/01/2023 16:51 WIB
PUPR Gelontorkan Anggaran Dalam Rangka Membuka Lapangan Kerja
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran Rp15,07 triliun untuk program padat karya dalam rangka membuka lapangan kerja pada tahun 2023.
Telkomsel