Gilbert Sem Sandro
Rabu, 31 Maret 2021 - 16:45 WIB

Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182

Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.

Setelah satu setengah bulan pencarian dari tim Gabungan Basarnas, TNI AL, KNKT, dan juga masyarakat Kepulauan Seribu, akan tetapi belum membuahkan hasil meskipun menurunkan tim penyelam.

"Selanjunya kami istirahat selama satu minggu, sambil mengevaluasi metode seperti apa yang bisa digunakan untuk mencari CVR ini," ujar ketua KNKT Soerdjanto Tjahjanto saat konfrensi pers penyerahan CVR dari Menteri Perhubungan kepada KNKT.

Setelah itu, lanjut Soerdjanto, tim Gabungan Basarnas memutuskan menggunakan kapal penyerap lumpur atau Trailing Suction Hopper Dredger (TSHD) dalam upaya mencari CVR. Kapal tersebut digunakan untuk menyedot lumpur sedalam satu meter, di area 90x90 meter.

"Kita sudah tau area yang kita cari adalah 90x90 meter. Karna area disitu banyak lumpurnya, kita putuskan menggunakan TSHD," lanjutnya.

Dan akhirnya KNKT berhasil menemukan CVR Sriwijaya SJ-182 di hari terakhir pencarian menggunakan TSHD. CVR tersebut ditemukan pada Selasa(29/3/2021) pukul 20.00 WIB.

Selanjutnya, CVR tersebut akan dibawa oleh KNKT untuk diperiksa lebih lanjut. Sehingga KNKT bisa mengetahui situasi percakapan di Cockpit antara Pilot dan Co-Pilot dan dapat mengetahui penyebab kecelakaan pesawat naas tersebut.

CVR ini akan kita gabungkan dengan FDR yang sudah lebih dulu ditemukan. Jadi, kita dapat menganalisa data dari FDR dan mengetahui situasi di cookpit," kata Soerdjanto.

Atas penemuan CVR SJ-182, Soerdjanto mengucapkan terimakasih atas support yang diberikan oleh jajaran Menhub, TNI AL, Basarnas, Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kep. Seribu yang mendukung penuh Tim Gabungan Basarnas.

"Pertama kami mengucapkan terimakasih atas support jajaran Menhub, TNI AL, Basarnas, serta dukungan masyarakat Kep. Seribu dan juga Bupati, Camat dan Lurah Kep. Seribu," tutup Soerdjanto Tjahjanto

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/04/2021 18:44 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2021
Pemerintah melalui memastikan stok pangan selama Ramadan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.
 
Nasional
07/04/2021 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 19, TMII Diambil Alih Negara
"Presiden telah menerbitkan Perpres nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris
 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
 
Nasional
30/03/2021 20:23 WIB
Nadiem Makarim Tentang Sekolah Tatap Muka: Tanya Pemda Masing-Masing
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, meminta masyarakat untuk menanyakan kapan sekolah dibuka, kepada Bupati/Walikota dan Gubernur ebagai pimpinan pemerintah daerah.
Telkomsel