Roni Mawardi
Kamis, 08 Maret 2018 - 12:46 WIB

Wijaya Karya Terbitkan Surat Utang Rp 4,5 Triliun Di London

Wijaya Karya
Wijaya Karya
Dummy

ECONOMIC ZONE - Fokus mengembangkan proyek infrastruktur di dalam negeri, PT Wijaya Karya resmi masuk Bursa Efek London, LSE, untuk menjual obligasi atau surat utang senilai US$405 juta atau sekitar Rp5,4 triliun.Pencatatan obligasi Wijaya Karya dilakukan di LSE, Senin (29/01) disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan beberapa pejabat Wijaya Karya.

Penerbitan obligasi berdenominasi rupiah di luar negeri -yang biasa disebut komodo bond- dimaksudkan sebagai salah satu sumber pembiayaan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. "Komodo bond  pinjaman dari luar negeri tapi berbentuk rupiah. Jadi kami tak terkena risiko (perbedaan) nilai tukar mata uang asing. Ini penting karena pendapatan proyek-proyek di Indonesia berbentuk rupiah," kata Menteri BUMN Rini Soemarno melalui siaran pers yang diterbitkan perusahaan.

Rini mengatakan, untuk saat ini memang belum ideal karena baru dua perusahaan milik negara yang mengeluarkan komodo bond di London, setelah sebelumnya PT Jasa Marga pada Desember 2017. Idealnya, kata Rini, setidaknya ada empat atau lima issuer sehingga pasarnya lebih aktif lagi. Dalam penerbitan obligasi dengan kupon (bunga) 7,7% ini, Wijaya Karya mengalami kelebihan peminat yang mencapai 250%.

Ke depan, tak hanya perusahaan BUMN yang didorong untuk menerbitkan obligasi dalam bentuk rupiah di luar negeri, melainkan juga berpeluang terhadap perusahaan swasta. Hal ini dilakukan mengingat minat investor membeli obligasi sangat tinggi.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13 jam yang lalu
BTN Bantu Korban Banjir di Jawa Tengah
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyalurkan paket sembako bagi korban terdampak banjir di wilayah Jawa Tengah seperti Kudus, Demak, dan Grobogan senilai total Rp600 juta.
 
Nasional
14 jam yang lalu
Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI  
Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.
 
Nasional
14 jam yang lalu
Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024
Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada gelaran 5th Anniversary Indonesia Best CEO Awards 2024, yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis (21/03).
 
Nasional
14 jam yang lalu
Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman
Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.
 
Nasional
17 jam yang lalu
Bahaya Modus Pencurian Data Pribadi melalui Phishing
Etika digital menjadi unsur yang penting dalam proses menyebarkan berita dan mengunggah konten. Hal itu adalah salah satu bentuk kontribusi masyarakat dalam menjaga keseimbangan dan keamanan di ruang digital.
 
Nasional
20 jam yang lalu
Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi XL Axiata Resmikan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
Keberadaan jaringan backbone serat optik (fiber optic) Gorontalo – Palu sepanjang 1.150 km ini akan memperkuat infrastruktur jaringan di Sulawesi, baik untuk kebutuhan perluasan ke area baru maupun untuk meningkakan kualitas jaringan yang sudah ada. Penting bagi XL Axiata untuk…
 
Nasional
25/03/2024 20:57 WIB
Perluasan Layanan Sistem Pembayaran Kunci Transformasi Digital ARTAJASA Dalam Meningkatkan Customer Experience
PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ARTAJASA), perusahaan penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia, turut memperkuat berbagai layanan sistem pembayaran yang dikelolanya sebagai dukungan dalam perluasan akses digital sistem pembayaran menuju level yang lebih tinggi.
Telkomsel