ECONOMIC ZONE - PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), memperkuat komitmennya untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Sebagai bentuk kontribusi nyata, BCA Life kembali mengadakan kegiatan literasi keuangan dan asuransi bagi masyarakat di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Acara ini digelar sebagai puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tujuan memperluas dan mempercepat inklusi keuangan secara nasional.
Data dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2023 yang dirilis oleh OJK menunjukkan bahwa indeks inklusi keuangan Indonesia telah mencapai 85,10%. Angka ini terus meningkat, dipacu oleh digitalisasi layanan di berbagai sektor. Namun, masih ada tantangan dalam pemerataan pemahaman produk dan layanan keuangan, khususnya pada segmen masyarakat prioritas seperti pelajar, karyawan, petani, nelayan, pelaku UMKM, penyandang disabilitas, komunitas perempuan/ibu rumah tangga, dan masyarakat di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Pemerintah menargetkan peningkatan indeks ini menjadi 90% pada akhir 2024 melalui berbagai inisiatif yang berkesinambungan.
Setelah dua tahun berturut-turut mengadakan seminar literasi keuangan dan asuransi bagi ribuan pelajar dan mahasiswa di Indonesia, tahun ini BCA Life memperluas jangkauan kepada masyarakat umum, terutama segmen prioritas perempuan/IRT. Dengan tema "Badan Sehat, Keuangan Sehat, Masa Depan Terjaga," acara ini dikemas dalam bentuk festival inklusi yang melibatkan berbagai kegiatan seperti olahraga bersama, mini Medical Check-Up (MCU), penjelasan program asuransi jiwa, serta talkshow seputar manajemen finansial keluarga dan perencanaan masa depan yang menghadirkan praktisi industri keuangan sebagai pembicara tamu.
Sukawati Lubis, Direktur Kepatuhan & Chief Compliance Officer (CCO) BCA Life, menyatakan, "Sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), BCA Life merasa memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan edukasi yang komprehensif mengenai pentingnya literasi dan inklusi keuangan serta asuransi. Kami berkomitmen memberikan pemahaman yang diperlukan masyarakat, khususnya perempuan dan ibu rumah tangga, agar semakin memahami pentingnya perencanaan keuangan dan perlindungan keluarga. Dengan memperbarui wawasan tentang pengelolaan keuangan dan manfaat asuransi, kami berharap mereka dapat mengambil langkah proaktif dalam melindungi keuangan keluarga di masa depan. Literasi keuangan bukan sekadar angka, tetapi juga pemberdayaan untuk pengambilan keputusan yang cerdas dan berkelanjutan demi kesejahteraan," jelasnya.
BCA Life memandang asuransi sebagai bagian penting dalam perencanaan keuangan jangka panjang, terutama dalam menghadapi risiko kehidupan yang tidak terduga. Melalui kegiatan ini, BCA Life memberikan pemahaman langsung kepada masyarakat tentang pentingnya memiliki asuransi dan bagaimana produk asuransi dapat membantu mengurangi risiko keuangan. Kegiatan literasi ini menyasar berbagai segmen masyarakat, seperti ibu rumah tangga, pelaku usaha kecil, dan generasi muda. Dengan pendekatan edukasi interaktif, BCA Life berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik dan pemanfaatan produk keuangan yang tepat, termasuk asuransi jiwa.
Komentar