Fery Pradolo
Rabu, 05 Juni 2024 - 21:22 WIB

Literasi Digital Dorong TNI Capai Visi Misi “PRIMA”

Literasi Digital Dorong TNI Capai Visi Misi “PRIMA”
Literasi Digital Dorong TNI Capai Visi Misi “PRIMA”
Dummy

ECONOMIC ZONEBogor, Literasi Digital menjadi salah satu unsur bagi Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mencapai visi misi Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif “PRIMA” yang dicanangkan Panglima TNI. Materi literasi digital diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kemampuan dalam berinteraksi di dunia digital.

“Saya berharap tidak ada prajurit TNI yang buta digital, menyebarkan hoax, terjerumus perjudian online, dan membocorkan rahasia negara serta menyebarkan konten yang bertentangan dengan sapta marga dan sumpah prajurit,” jelas Asisten Komunikasi Elektronika (Askomlek) Panglima TNI, Marsekal Muda TNI Kustono dalam acara Literasi Digital Pemerintahan kepada Prajurit TNI Batch 1 di, Kota Bogor. Senin (03/06/2024).

Sebagai Prajurit TNI, lanjut Kustono, merupakan hal wajib untuk memerangi konten negatif yang kerap bermunculan di masyarakat sebagai wujud menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kejahatan di ruang digital semakin meningkat. Hoax, judi online, prostitusi online, cyberbullying dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Selain memerangi konten negatif, Prajurit TNI diharapkan dapat memahami empat pilar literasi digital lebih mendalam sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian dan melaksanakan  tupoksinya.                                                                              

Sepaham dengan Askomlek Panglima TNI, Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso dalam sambutannya menuturkan mengenai peran literasi digital untuk mendukung terwujudnya visi PRIMA.

“Pemahaman tentang literasi digital menjadi sangat penting, terutama bagi prajurit TNI. Literasi digital tidak hanya sekadar tentang penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga meliputi pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi ini beroperasi, bagaimana melindungi informasi sensitif dari ancaman siber dan berpartisipasi secara aktif dan etis dalam dunia maya,” jelas Slamet.

TNI memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara. Lebih lanjut Slamet mengemukakan mengenai tantangan dunia digital yang harus dihadapi banyak pihak. Wawasan yang mendalam dapat mengantisipasi berbagai tantangan di dunia digital, termasuk dapat mencapai visi PRIMA.

“Dengan literasi digital yang kuat, Prajurit TNI akan mampu menghadapi tantangan digital dengan lebih efektif,” pungkasnya.

Sejalan dengan relevansi visi PRIMA dan materi literasi digital, disampaikan pula mengenai keamanan digital yang berperan dalam mendorong tercapainya visi tersebut. Kolonel Restu Putra menuturkan, Prajurit TNI wajib menguasai praktik keamanan digital seperti perangkat lunak, jaringan internet dan komputer.

“Ini (Keamanan Digital) menjadi unsur yang wajib dikuasai sebagai pelindung dari serangan siber dan sistem informasi militer,” jelasnya

Lebih lanjut menurut Kolonel Restu, untuk dapat mengimplementasikan Keamanan Digital dalam lingkup visi PRIMA, Prajurit TNI harus menjadi sosok yang profesional.

“Harus mengutamakan keahlian dalam berinteraksi dan berpendapat di ruang digital dengan prinsip-prinsip Keamanan Digital,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Prajurit TNI juga dituntunt untuk mampu memanfaatkan platform digital dengan baik, serta mengoordinasikan integrasi keamanan digital.

“Terus ikuti trend dunia digital yang sedang bergulir dengan senantiasa mematuhi standar keamanan digital,” pungkasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/06/2024 19:32 WIB
Hadirkan Inovasi Layanan Perbankan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Indonesia Best Living Legend Company 2024
Konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan kemudahan transaksi perbankan bagi masyarakat Jakarta, diapresiasi oleh majalah SWA dengan pemberian penghargaan sebagai Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.
 
Nasional
12/06/2024 13:51 WIB
Tingkatkan Pertumbuhan Pembiayaan, CNAF Tawarkan SUKUK Senilai Rp1 Triliun
Penawaran Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar I tahun 2024 terdiri dari dua Seri, Seri A dengan jangka waktu 370 Hari Kalender dan Seri B dengan jangka waktu 3 tahun sejak Tanggal Emisi.
 
Industri
12/06/2024 06:21 WIB
Jaga Ekosistem Laut, ACC Dukung Konservasi Penyu di Bali
ACC mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri.
 
Nasional
11/06/2024 06:31 WIB
Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia
Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.
 
Nasional
09/06/2024 16:26 WIB
Hadirnya Penyair Kawakan di Festival Puisi Esai ASEAN Malaysia
Festival tingkat ASEAN ini sejak pertama dibiayai sepenuhnya oleh pemerintahan Sabah, Malaysia.
 
Nasional
08/06/2024 19:44 WIB
Bank DKI Gandeng PT Bangun Niaga Perkasa, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Berjualan di Pasar Sehat Banjaran Kabupaten Bandung
Bank DKI dan PT Bangun Niaga Perkasa menjalin kerja sama, khususnya kemudahan memperoleh dukungan finansial untuk kepemilikan tempat berjualan bagi pedagang di Pasar Sehat Banjaran, Kabupaten Bandung.
 
Nasional
06/06/2024 17:17 WIB
Bank Danamon Raih Penghargaan Transparansi dan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024
Penghargaan ini diberikan pada ajang Transparansi & Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 yang diselenggarakan oleh Investor trust bekerjasama dengan PT Bumi Global Karbon (BGK) Foundation.
Telkomsel