Fery Pradolo
Selasa, 30 April 2024 - 09:34 WIB

Malam Apresiasi Gambesi Kampoeng Inspiratif Ciptakan Netizen yang Bijak dalam Bermedia Sosial

Malam Apresiasi Gambesi Kampoeng Inspiratif Ciptakan Netizen yang Bijak dalam Bermedia Sosial
Malam Apresiasi Gambesi Kampoeng Inspiratif Ciptakan Netizen yang Bijak dalam Bermedia Sosial
Dummy

ECONOMIC ZONETernate, Gambesi Kampoeng Inspiratif hadir untuk menciptakan netizen Ternate yang bijak dalam bermedia sosial. Pembekalan ilmu dan keterbukaan wawasan dibalut dengan entertainmen dipilih oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam acara Malam Apresiasi Gambesi Kampoeng Inspiratif. Acara ini menjadi panggung bagi para narasumber untuk membahas pentingnya literasi digital dengan pemaparan materi empat pilar.

“Ini adalah momentum yang luar biasa atas gagasan Kominfo agar kita bisa memanfaatkan digitalisasi dan terhindar dari bahaya yang ada, dibantu oleh implementasi 4 pilar literasi digital,” ungkap Sultan Tidore, Haji Husain Alting Sjah, di Ternate pada Sabtu (20/04/2024)

Haji Husain menambahkan narasi mengenai warga Gambesi yang dikenal dengan watak kuat serta penuh motivasi untuk menyongsong masa depan. Sejalan dengan itu, diharapkan dapat berguna dalam menyikapi era teknologi digital.

“Ada doa dari orang-orang tua, kuat besi kuat baja, orang-orang kuat yang menjaga solidaritas untuk memberikan yang positif dalam kegiatannya dan memanfaatkan perkembangan teknologi sebaik-baiknya,” jelasnya.

Sebelum era digital dilahirkan, lanjutnya, warga Gambesi telah diajarkan untuk memberikan ketenteraman pada sesama di dunia nyata. Intensi tersebut harus diterapkan juga dalam dunia maya sehingga warga Gambesi dapat menjadi inspirasi bagi Maluku Utara.

Pada kesempatan tersebut, dipaparkan materi Tips Aman dan Nyaman dalam Bermedia Sosial oleh Muhammad Jamil dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat tentang krusialnya keamanan digital.

“Pertama, update sistem dan pasang antivirus. Contohnya pembaruan perangkat lunak seperti windows, menutupi celah di perangkat lunak, sehingga dalam menggunakan sistem operasi terjamin keamanannya,” jelas Jamil.

Tidak hanya itu, masyarakat harus waspada terhadap link yang tersebar di internet, karena tidak semuanya aman.

“Jangan keasyikan ngeklik, waspadai tautan yang mencurigakan, seperti undangan digital yang sering menjebak, mengklik sudah berisi virus dan malware,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Jamil juga menambahkan tips seperti pentingnya verifikasi dua langkah, menggunakan software keluaran resmi, hingga perlunya kesensitifan dalam memilih wifi publik.

Materi mengenai budaya digital turut disampaikan, Akademisi Universitas Khairun, Iis Hamsir Ayub yang menekankan pentingnya literasi digital dalam memasukkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam interaksi digital sehari-hari.

“Interaksi kita harus memasukkan nilai-nilai bhinneka dan pancasila, serta hukum norma dan etika sebagai panduan berkarakter,” tuturnya.

Tidak berhenti di situ, digitalisasi budaya juga menjadi aspek yang patut diperhatikan karena masyarakat masuk pada fase transisi konteks budaya ke dalam ruang digital.

“Ruang digital untuk mewujudkan budaya kreativitas harus dapat menunjukan kekayaan budaya,” lanjutnya.

Menurut Iis, digitalisasi juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung perekonomian negara melalui promosi di ruang-ruang digital agar masyarakat senantiasa mengutamakan produk dalam negeri daripada produk luar negeri.

Berbagai topik yang disampaikan, malam apresiasi ini berhasil menjadi forum penting bagi masyarakat Ternate untuk memahami dan merespons tantangan serta peluang dalam era digital yang semakin berkembang. Melalui kolaborasi dan pengetahuan yang tepat, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi secara produktif dan aman.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
Pentingnya Peran Orang Tua Membimbing Anak dalam Penggunaan Gadget
Orang tua memegang peranan penting untuk membimbing anak dalam penggunaan gadget. Risiko paparan konten digital yang belum pantas dilihat anak usia dini semakin meningkat, menuntut peran aktif orang tua dalam membimbing pemanfaatan dan penggunaan gadget yang bijak bagi anak.
 
Nasional
19/05/2024 15:55 WIB
Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Ikut BTN Jakarta Marathon 2024
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan ‘BTN Jakarta International Marathon (Jakim) pada tanggal 23 Juni 2024. Lomba lari ini tidak…
 
Nasional
17/05/2024 18:10 WIB
Sukseskan World Water Forum Ke-10 XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera
T XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan 4G miliknya guna mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum (WWF) ke-10, yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.
 
Nasional
17/05/2024 08:53 WIB
Peringati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, Sensodyne Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Kesehatan Gigi
Memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, brand Haleon, Sensodyne berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Pengurus Wilayah (PDGI Pengwil) Jakarta dan para retailer menyelenggarakan Fun Walk dan edukasi kesehatan gigi di Jakarta.
 
Nasional
15/05/2024 14:24 WIB
Jawab Tantangan Rendahnya Literasi IKNB, IFG Luncurkan Buku Terkait Asuransi dan Dana Pensiun
IFG luncurkan buku ‘menuju masa depan berkelanjutan: mengeksplor untapped potentials di sektor asuransi dan dana pensiun’.
 
Nasional
14/05/2024 21:43 WIB
Bank DKI Gandeng Perumda Pasar Pakuan Jaya, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor
Bank DKI dan Perumda Pasar Pakuan Jaya menjalin kerja sama, khusus untuk memberikan dukungan finansial kepada para pelaku usaha dalam mendapatkan kepemilikan tempat usaha agar lebih mudah dan terjangkau di wilayah Pasar Sukasari Bogor.
 
Nasional
14/05/2024 17:37 WIB
Dorong Transaksi Saham dan Investasi Reksa Dana, Mirae Asset Gelar HOTS Championship Season 12
PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia mendorong transaksi saham dan investasi reksa dana dengan menggelar kejuaraan online trading saham terbesar yaitu HOTS Championship Season 12 (HCS 12) yang akan dimulai pada 27 Mei 2024.
Telkomsel