Endang Muchtar
Kamis, 04 Agustus 2022 - 17:39 WIB

CIMB Niaga Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung pemberdayaan ekonomi bagi para penyandang disabilitas (teman disabilitas) secara berkelanjutan. Terbaru, CIMB Niaga berkolaborasi dengan Berdaya Bareng dan Sunyi Coffee menyelenggarakan Pelatihan Barista Teman Disabilitas di Jakarta, selama lima hari, sejak Senin hingga Jumat, 1-5 Agustus 2022.

Melalui Pelatihan Barista tersebut, CIMB Niaga memberikan bekal keterampilan (skill) mengenai teknik-teknik menjadi barista kopi profesional, cara mengelola keuangan yang baik, serta membuat curriculum vitae dan resume yang menarik. Dengan keahlian tersebut, teman disabilitas diharapkan dapat lebih siap bersaing di dunia kerja sehingga memiliki kemandirian secara ekonomi. 

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, komitmen dalam mendukung teman disabilitas merupakan kontribusi CIMB Niaga bagi masyarakat khususnya bidang pemberdayaan ekonomi. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs),  nomor delapan dan sepuluh yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta mengurangi ketimpangan.

”Dengan memiliki keterampilan menjadi barista kopi, kami berharap teman disabilitas lebih semangat, percaya diri, dan optimis terhadap masa depannya. Karena keahlian tersebut dapat digunakan untuk mewujudkan mimpi, baik bekerja sebagai barista maupun berwirausaha. Kami akan terus mendukung teman disabilitas dalam meningkatkan potensi diri dan kemandirian melalui beragam program pemberdayaan,” kata Fransiska di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Seperti diketahui, sejak 2017 CIMB Niaga telah menyelenggarakan pelatihan kepada 367 Teman Disablitas. Program pelatihan yang diberikan berfokus pada keterampilan dan keahlian sehingga diharapkan dapat menjadi bekal dalam mewujudkan kemandirian ekonomi. Adapun Pelatihan Barista bagi Teman Disabilitas dilakukan sejak 2021. Kini alumni pelatihan tersebut telah tersebar di berbagai perusahaan dan berwirausaha.

Selain mengadakan pelatihan, CIMB Niaga juga mendukung penyediaan wadah pemberdayaan ekonomi bagi teman disabilitas secara berkelanjutan melalui Stall Coffee Sando Seraya di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Beragam menu kopi dan sandwich yang diracik para teman disabilitas tersedia di gerai dan siap dipesan baik secara langsung maupun melalui aplikasi pemesanan online. 

Tidak hanya itu, dukungan CIMB Niaga kepada teman disabilitas juga dilakukan dengan memberikan kesempatan bekerja yang setara di CIMB Niaga. Sejak 2013 hingga kini, CIMB Niaga telah melibatkan teman disabilitas sebagai karyawan di Unit Kerja Telesales dan Contact Center. Saat ini, terdapat 10  karyawan disabilitas di CIMB Niaga yang mendapat perlakukan sama dengan karyawan lainnya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hal ini merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga untuk terus menciptakan lingkungan kerja yang setara, aman, dan nyaman untuk semua.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
28/11/2022 19:45 WIB
Jelang Akhir Tahun, OCTO Mobile Siap Manjakan Liburan Nasabah
Per 30 September 2022 total jumlah transaksi mencapai 139 juta, tumbuh sebesar 87,2% YoY
 
Nasional
27/11/2022 21:25 WIB
XLFL National Conference 2022 Mahasiswa Ciptakan Proyek AI - IoT Berbasis 5G
XL Axiata kembali menggelar National Conference. Sebanyak 138 mahasiswa awardee yang telah menyelesaikan program XL Axiata Future Leaders (XLFL) Batch 9 selama dua tahun penuh akan diwisuda. Mereka berasal dari 52 kampus yang berada di 6 provinsi, seperti Institut Teknologi Bandung…
 
Nasional
27/11/2022 21:16 WIB
Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global, Sektor Properti Diyakini Tetap Tumbuh Positif
Optimisme ini didasari atas fakta masih tingginya backlog perumahan di Indonesia yang mencapai 12,7 juta unit berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021. Backlog adalah kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan rakyat. 
 
Nasional
23/11/2022 06:46 WIB
CIMB Niaga Raih Tiga Penghargaan pada ABF Corporate & Investment Banking Awards 2022
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali meraih tiga penghargaan bergengsi pada ajang Asian Banking and Finance (ABF) Corporate & Investment Banking Awards 2022.
 
Nasional
19/11/2022 20:03 WIB
GOTO Merumahkan Sebanyak 1.300 Karyawan
Salah satu investor GOTO, Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Telkomsel, menyampaikan pandangannya terkait aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) 1.300 karyawan yang dilakukan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).
 
Nasional
18/11/2022 18:23 WIB
YDBA Hadirkan 4 Stakeholder ke Banyumas Dalam Rangka Link and Match Bersama UMKM
Kolaborasi menjadi semangat Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam mengembangkan UMKM di tanah air.
 
Nasional
17/11/2022 21:47 WIB
Bank DKI Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2022 dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Dinilai berkinerja baik dalam pengelolaan arsip di lingkungan Provinsi DKI Jakarta, Bank DKI berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2022 berkategori “Sangat Baik”.
Telkomsel