RM
Kamis, 30 Desember 2021 - 11:15 WIB

Catat, Tips Memilih WO Agar Tidak Tertipu

Foto/Dok-ArtiWedding/ECONOMICZONE
Foto/Dok-ArtiWedding/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONEWedding organizer (WO) dapat membantu Anda dalam merencanakan resepsi dan pesta pernikahan. Namun, memilih WO bukanlah perkara mudah. Alih-alih puas dengan pelayanannya, tak sedikit pasangan pengantin kecele alias tertipu oleh WO.

Sudah banyak pasangan pengantin yang harapannya tak sesuai dengan fakta di lapangan terkait pelayanan WO. Mulai dari kualitas menu makanan yang ‘seadanya’, venue pernikahan yang under expectation hingga ada juga WO yang membawa ‘kabur’ uang muka.

Agar kejadian-kejadian seperti itu tak terjadi pada Anda, ada sejumlah tips untuk memilih WO agar tidak tertipu, seperti di bawah ini:  

Memiliki website atau media sosial aktif

Langkah pertama yang Anda lakukan untuk memilih WO adalah mencarinya, bukan? Kini, cukup mudah mencari informasi WO melalui internet. Buatlah daftar beberapa WO yang menarik perhatian Anda. Utamakan WO tersebut memiliki website atau media sosial yang aktif. Hal ini menandakan bahwa kemungkinan besar bisnis WO tersebut masih berjalan saat Anda melihat website atau media sosialnya.

Pastikan portofolio-nya

Konten website atau media sosial WO biasanya turut menampilkan portofolio atau pekerjaan yang sudah dilakukan oleh WO tersebut. Bila portofolio terpampang, pastikan bahwa itu benar-benar milik WO yang dimaksud. Bagaimana cara memastikannya? Salah satunya adalah mencari kata kunci (keyword) tertentu pada mesin pencari. Bila ada konten sama, namun sumbernya bukan dari website atau media sosial WO tersebut, maka keaslian portofolio WO patut dipertanyakan. Maksudnya, belum tentu portofolio pada website atau media sosial WO benar-benar adalah karya mereka. Tapi, portofolio bisa jadi memang benar karya mereka karena konten pada website atau media sosial bisa diduplikasi.

Testimoni

Oke, untuk memastikan portofolio WO, Anda bisa mencari ulasan atau testimoni orang-orang yang pernah memakai jasa WO tersebut. Sumber testimoni ini beragam, misalnya akun media sosial pengantin yang memiliki experience dengan WO tersebut. Review pengguna di platform-platform lain juga bisa menjadi sumber untuk menemukan testimoni, seperti LinkedIn. Anda bisa menilai kredibilitas sebuah WO dari komentar-komentar orang-orang yang pernah menggunakan jasa WO tersebut. Rekomendasi dari kerabat keluarga, saudara, atau teman juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menilai reputasi WO.

Adakan diskusi

Oke, mungkin daftar WO Anda sudah mengerucut. Dari daftar yang ada kini, Anda bisa menghubungi WO tersebut untuk mendiskusikan beberapa hal lebih lanjut. Sebisa mungkin, diskusi dilakukan secara tatap muka atau setidaknya video call. Saat berdiskusi, ajukanlah sejumlah pertanyaan yang tepat dan detil, misalnya menu makanan, venue hingga skema pembayaran.  

Sesuaikan dengan bujet

Inilah yang sering menjadi concern para calon pengantin. Urusan bujet memang kerap menjadi perhatian utama para calon pengantin. Oleh sebab itu, bersikaplah terbuka dengan WO terkait bujet Anda. Jangan memaksakan diri ingin mengadakan resepsi dan pesta pernikahan yang di luar batas kemampuan finansial Anda. Namun, pastikan WO menyanggupi membantu terlaksananya resepsi dan pesta pernikahan yang Anda impikan atau setidaknya mendekatinya. Tentunya dengan menyesuaikannya dengan bujet Anda ya.

Buat kontrak

Jangan ragu untuk membuat semacam kontrak perjanjian secara tertulis. Kontrak perjanjian dapat menjadi bukti legal bila terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan, contohnya muncul tambahan biaya yang tak masuk akal atau WO malah ‘menghilang tak tentu rimbanya’ menjelang hari-H.

Bagi Anda yang berdomisili atau berencana menggelar resepsi atau pesta pernikahan di Jabotabek, Arti Wedding patut menjadi pilihan. Arti Wedding mengedepankan negosiasi dengan calon pengantin mengenai berbagai hal, termasuk urusan bujet. Satu hal yang pasti, Arti Wedding ingin calon pengantin menghemat biaya pernikahan karena sesuatu yang sakral jauh lebih bernilai.

“Semuanya bisa dinegosiasikan. Penilaian kami terhadap kemampuan finansial calon pengantin lebih terukur dan sangat menolong masyarakat kelas bawah atau masyarakat mikro,” ujar pemilik Arti Wedding Ike Diajeng Suyanti

Ike mencontohkan, salah satu paket yang ditawarkannya bernilai Rp15 juta. Paket tersebut sudah termasuk pelaminan dekorasi bunga segar, karpet jalan, kotak uang 1 set, tenda plafon 60 m2, meja prasmanan 1 set, 1 gubugan, 2 meja terima tamu, 5 pemanas lauk, 1 sangku nasi, 150 piring, sendok, dan garpu. Tak hanya itu, paket yang sama juga mencakup 100 kursi lipat, 1 pasang janur, 1 buah kipas angin, kartu undangan dan suvenir untuk 300 tamu.

“Paket tersebut juga meliputi tiga kali rias dan busana pengantin, kedua orangtua mempelai dan empat penerima tamu. Pengantin juga dapat dokumentasi berupa video dan foto sebanyak satu album kolase 22 halaman serta cetak foto ukuran 30 x 40cm beserta frame. Lalu, ada bonusnya, lho, yakni prewedding indoor,” papar Ike.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
9 jam yang lalu
Ferdian Timur Satyagraha Ditunjuk Sebagai Direktur Keuangan Pegadaian
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk selaku pemegang saham, menunjuk Ferdian Timur Satyagraha sebagai Direktur Keuangan, Perencanaan Strategis dan Manajemen Risiko PT Pegadaian dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar…
 
Nasional
9 jam yang lalu
MotoGP Mandalika, PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip
Jelang tes pra musim MotoGP yang akan dihelat tanggal 13 – 15 Februari 2022, PLN kembali mempersiapkan infrastruktur kelistrikan dengan menghadirkan layanan Zero Down Time (ZDT).
 
Nasional
9 jam yang lalu
Volume Pengguna Stabil, KAI Commuter Ajak Penumpang KRL Bersiap Masuki Musim Hujan
KAI Commuter mencatat bahwa volume pengguna KRL pada Senin pagi ini (17/1) tidak jauh berbeda dengan Senin pada pekan lalu.
 
Nasional
10 jam yang lalu
Lebih Ramah Lingkungan, AP I Terima Sertifikat Sistem Manajemen Energi Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai
Berkat penerapan Sistem Manajemen Energi yang ramah lingkungan, PT Angkasa Pura I (AP I) menerima sertifikat sistem manajemen energi ISO 50001:2018 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari TUV SUD Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 16:00 WIB
Konsorsium Jasa Marga Pemenang Lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Senilai Rp56,2 Triliun
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penambahan konsesi jalan tol dalam rangka menciptakan value bagi pemegang saham, sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader dalam industri jalan tol di Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 15:57 WIB
KAI: 2,1 Juta Orang Gunakan Kereta Api Selama Masa Natal dan Tahun Baru 2022
PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2022 yang telah berlangsung sejak 17 Desember 2021 s.d 4 Januari 2022.
 
Nasional
05/01/2022 15:20 WIB
Meski Dirut Terpapar Covid-19, PLN Pastikan Tidak Ada Pemadaman Listrik
Selama satu bulan terakhir Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memimpin langsung pengamanan pasokan batu bara di ruang War Room (Pusat Pengelola Informasi dan Solusi/P2IS) yang juga diikuti oleh jajaran Direksi dan manajemen PLN Grup hingga lebih dari 50 orang.
Telkomsel