MA
Kamis, 25 Februari 2021 - 18:35 WIB

Kredivo Gandeng GSI Lab, Perluas Tes PCR di Indonesia

Foto/Dok Kredivo/Economiczone
Foto/Dok Kredivo/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kredivo, platform kredit digital untuk konsumen ritel terkemuka di Indonesia, terus ikut andil dalam membantu pemerintah menangani COVID-19. Selain membantu masyarakat mengelola cashflow dan terus menyalurkan kredit di masa sulit ini, kini di tengah angka kasus positif COVID-19 yang masih terus meningkat, Kredivo menggandeng Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) guna memperluas dan mempercepat tes COVID-19.

Sebagai langkah nyata dari inisiatif tersebut, Kredivo mendonasikan dana sejumlah US$100.000 untuk GSI Lab, yang kemudian dialokasikan menjadi lebih dari 2 ribu tes PCR (Polymerase Chain Reaction) yang akan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. GSI Lab sendiri merupakan sebuah kewirausahaan sosial dan pelopor aksi solidaritas #SwabAndSaveIndonesia untuk mendukung pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penanganan COVID-19 melalui tes PCR yang cepat dan akurat.

Kerjasama ini diharapkan dapat membantu mempercepat tracing sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Terlebih, mengingat testing rate COVID-19 di Indonesia yang belum maksimal dibandingkan dengan standar minimal pemeriksaan dari WHO, yaitu 1 tes per 1.000 populasi setiap minggunya. Jika disesuaikan populasi Indonesia 267 juta jiwa, maka diperlukan pemeriksaan PCR COVID-19 minimal kepada 267 ribu orang per minggu. Sedangkan dalam beberapa pekan terakhir, jumlah spesimen yang diperiksa berada pada kisaran 26-37 ribu per hari.

Lily Suriani, General Manager Kredivo Indonesia mengatakan, “Sejak awal, Kredivo terus berkomitmen untuk tetap membantu masyarakat dalam hal pemenuhan akses terhadap layanan kredit secara lebih cepat, mudah, dan aman di tengah masa pandemi. Kini, sebagai wujud langkah nyata kami dalam mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia, Kredivo menggandeng GSI Lab guna memperluas dan mempercepat tes COVID-19, mengingat pandemi masih menjadi bencana nasional dengan prioritas tertinggi. Kami berharap kerjasama kami dengan GSI Lab mampu memberikan akses tes PCR kepada lebih banyak masyarakat, terutama bagi mereka yang rentan namun masih memiliki keterbatasan dalam mengakses tes PCR.”

Sementara itu, dr. Nino Susanto, B.Eng, MM, Direktur Utama GSI Lab menjelaskan, “Kami sangat mengapresiasi kontribusi Kredivo dalam membantu mempercepat tes PCR. COVID-19 adalah persoalan kesehatan masyarakat yang harus kita tangani bersama-sama, dimulai dari memeriksa sebanyak mungkin masyarakat agar memberikan data valid penyebaran COVID-19. Di samping masih banyak orang yang kurang beruntung untuk bisa mendapatkan akses ke tes PCR, kapasitas lab di Indonesia pun masih sangat terbatas. Oleh karena itu GSI Lab lahir untuk menggerakan berbagai pihak untuk bergotong royong agar negeri ini dapat lebih cepat keluar dari krisis.” GSI Lab sendiri hadir sebagai high-throughput lab PCR berkapasitas besar mencapai 5.000 tes per hari dengan tingkat akurasi dan standar tertinggi.

Adapun sebanyak lebih dari 2 ribu tes PCR yang didonasikan Kredivo akan dialokasikan kepada masyarakat secara langsung dan pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (BNPB). Kredivo dan GSI Lab berharap ke depannya kerjasama ini akan terus berlanjut untuk Indonesia yang sehat dan kuat, serta dapat menjadi penggerak bagi entitas lainnya untuk bersama menangani COVID-19 agar pandemi cepat berlalu dan roda perekonomian dapat kembali seperti semula.

 

TAGS
  1. Kredivo
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
01/08/2022 16:28 WIB
Menteri Erick Thohir Persilahkan CFW Pindah ke Sarinah, Asal Tidak Dipolitisasi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyambut terbuka gagasan pemindahan ajang Citayam Fashion Week (CFW) ke Sarinah.
 
Nasional
01/08/2022 16:25 WIB
Semester I/2022 Penjualan Phapros Naik 21 Persen, Antimo Jadi Andalan
Perusahaan BUMN PT Phapros Tbk berhasil membukukan pertumbuhan penjualan bersih semester I tahun 2022 sebesar 21 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
 
Nasional
01/08/2022 16:20 WIB
IndiHome Konsisten Dukung Pengembangan Atlet Badminton Indonesia Melalui IGBA
Para atlet muda binaan IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) sukses menyabet banyak gelar juara di Gubernur (Jakarta) Cup.
 
Nasional
29/07/2022 16:48 WIB
Laba Bersih PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) Tumbuh hingga 222,9% pada Semester I/2022
PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) membukukan kinerja keuangan positif pada semester I/2022 baik dari sisi pendapatan, laba bersih, maupun earning before interest tax, depreciation, and amortization (EBITDA). Pencapaian ini didorong oleh tren kenaikan harga crude palm oil (CPO). 
 
Nasional
29/07/2022 13:55 WIB
BTN Siapkan Klinik Untuk Konsultasi Bangun Rumah Secara Gratis
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus mendukung penyediaan perumahan rakyat yang layak huni. Terbaru, perseroan bersama Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM)…
 
Nasional
28/07/2022 20:04 WIB
Ulas Tantangan Resesi Ekonomi, Ralali Luncurkan Tiga Solusi Bisnis Lewat Executive Talks
Menggelar Executive Talks dengan bertemakan “Collaborative Growth in Challenging Time”, Ralali berfokus mencari solusi strategis untuk para pengusaha dan entitas bisnis Indonesia agar bertahan menghadapi urgensi tantangan ekonomi global.
 
Nasional
28/07/2022 20:00 WIB
New BMW X4 Hadir di Indonesia
Setelah meluncurkan dua kendaraan performa tinggi The Rebels Are Back: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition pada awal bulan Juli 2022, hari ini BMW Indonesia kembali perkenalkan penyegaran dari BMW Sports Activity Coupé, BMW X4 xDrive30i M Sport.
Telkomsel