Fery Pradolo
Selasa, 05 September 2023 - 07:54 WIB

DBS Treasures Urai Kompleksitas Insight untuk Dorong Nasabah Yakin Ambil Keputusan Finansial

Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jumlah nasabah perbankan segmen prioritas di Indonesia kian meningkat. Data oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Juni 2023 menunjukkan bahwa dalam tiga tahun terakhir terdapat peningkatan jumlah tabungan dengan rentang 7,33-9,32 persen pada nasabah dengan saldo Rp500 juta hingga Rp5 miliar. Lebih dari itu, DBS Treasures juga meneliti preferensi nasabah dalam mengonsultasikan perencanaan kekayaannya dalam Financial Wellness Survey 2022 di mana lebih dari setengah responden (61 persen) memilih untuk berkonsultasi dengan professional advisor dalam melakukan manajemen kekayaannya. Menanggapi potensi tersebut, perbankan prioritas DBS Treasures melakukan berbagai upaya, termasuk melakukan analisis nasabah guna mengidentifikasi aspirasi dan kebutuhan, serta menghadirkan solusi keuangan yang tepat dan dipersonalisasi terutama bagi nasabah prioritas baru.

Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengungkap bahwa segmen perbankan prioritas memiliki kebutuhan yang unik. “Kami menemukan pada YouGov Syndicated Study bahwa di tengah dunia finansial yang bergerak sangat cepat dan beragamnya informasi yang kompleks,

83 persen nasabah memerlukan aplikasi yang user-friendly untuk memudahkan pembelian produk finansial kapan saja dan di mana saja untuk menangkap peluang yang ada. Bahkan, 56 persen nasabah sudah melakukan transaksi pembelian produk finansial secara online. Di saat yang sama, nasabah juga membutuhkan mitra yang dapat menganalisis dan mengurasi insight untuk mereka, agar dapat lebih yakin dalam mengambil keputusan yang tepat.”

DBS Treasures terus bertransformasi terkait komitmen dan solusi manajemen kekayaan, termasuk kemampuan menganalisis data secara masif sehingga dapat mempertajam solusi yang dirancang unik bagi tiap nasabah. Konsistensi dan kerja keras DBS Treasures pada dua tahun terakhir membuahkan hasil, karena berdasarkan DBS Annual Brand Health Monitoring Survey 2022, DBS Treasures dipersepsikan sebagai bank yang selalu berkomunikasi dan mengelola portofolio nasabah, dan hal ini adalah alasan utama nasabah dalam memilih mitra perbankan prioritas.

“Jadi dari sisi nasabah, mereka didukung oleh kapabilitas digital kami yang dapat diakses 24/7. Dimulai dari ragam analisis insight terkurasi melalui media digital sesuai preferensi, sehingga mereka dapat langsung berinvestasi dan bertransaksi secara mandiri melalui aplikasi digibank by DBS. Kami juga menghadirkan inovasi baru dalam aplikasi tersebut yang mencakup fitur LiveBetter untuk memungkinkan nasabah mendapatkan tips akan gaya hidup keberlanjutan serta berinvestasi pada produk berbasis Environment, Social, and Governance (ESG). Melalui fitur LiveBetter, nasabah kini dapat memenuhi kebutuhan transaksi finansial sekaligus memberikan dampak nyata pada lingkungan. Tentunya, hal ini melengkapi fleksibilitas investasi produk obligasi dan reksa dana di berbagai tingkat risiko, sektor industri, pasar lokal dan global, serta produk asuransi untuk perlindungan nasabah. Kami juga baru-baru ini meluncurkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada aplikasi digibank by DBS untuk pembayaran praktis transaksi sehari-hari,” jelas Head of Segmentation and Liabilities PT Bank DBS Indonesia Natalina Syabana.

DBS Treasures juga melengkapi setiap nasabah dengan advisory berkala melalui email yang dipersonalisasi berdasarkan analisis data profil risiko, preferensi produk, perilaku bertransaksi, demografi dan kebutuhan. “Para pakar DBS Treasures secara proaktif berdiskusi langsung dengan nasabah, dimotori oleh sistem online untuk meningkatkan pemahaman kami terhadap kebutuhan tiap nasabah sehingga diskusi dapat berjalan secara berkelanjutan dan relevan. Selain itu, ada pula real-time online dashboard  untuk  mendukung  para  pakar  kami  dalam  menganalisis  keseluruhan  portofolio  nasabah

secara cepat dan dan menghadirkan advisory yang unik untuk menyeimbangkan dan memperkuat posisi portofolio tersebut,” lanjut Head of Segmentation and Liabilities PT Bank DBS Indonesia Natalina Syabana.

Kedepannya, DBS Treasures berkomitmen untuk senantiasa berupaya memahami nasabah serta melakukan berbagai inovasi untuk menghadirkan rangkaian layanan yang relevan. “Hal ini kami lakukan untuk mendukung nasabah agar dapat ‘Live more, Bank less’, sesuai dengan semangat yang dimiliki Bank DBS Indonesia,” tutup Rudy Tandjung.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
58 menit yang lalu
Bank Mandiri Taspen dan BSSN Gelar Seminar Memperkuat Kesadaran dan Keamanan Siber
Bank Mandiri Taspen telah mengambil langkah maju dalam memperkuat kesadaran dan keamanan siber di lingkungan internal.
 
Nasional
2 jam yang lalu
Mulai Pasarkan Proyek Rumah Mewah di Bali, GOLF Targetkan Marketing Sales Rp465 Miliar
'The Links Golf Villa' merupakan kawasan perumahan dengan nuansa villa yang dibangun perseroan melalui anak usahanya, yaitu PT New Kuta Golf and Ocean View (NKG). Ini akan menjadi satu satunya perumahan di Bali yang berada di dalam area lapangan golf.
 
Nasional
11 jam yang lalu
MINI Indonesia Hadirkan Rangkaian Kendaraan MINI Generasi Terbaru di GIIAS 2024.
BMW Group Indonesia juga menghadirkan model-model teranyar dari MINI di GIIAS 2024. Mereka adalah MINI Cooper S, MINI Cooper SE, MINI Countryman S ALL4, MINI JCW Countryman S ALL4 dan MINI Countryman SE ALL4.
 
Industri
18/07/2024 10:54 WIB
Truk Terlaris di Indonesia, Mitsubishi FUSO Luncurkan eCanter
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menampilkan inovasi produk dan layanan purnajual dengan meluncurkan truk listrik eCanter di ajang GIIAS 2024.
 
Nasional
17/07/2024 16:39 WIB
Subaru Borong Kebahagiaan untuk Semua Kendaraan di GIIAS 2024
Kolaborasi atraktif juga Kembali dihadirkan baik secara display kendaraan khusus bersama Ziko Harnadi dan Julian Johan, ataupun juga untuk Subaru Lifestyle bersama Saturdays dan Rawtype-Riot.
 
Nasional
16/07/2024 14:42 WIB
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024, Dua Peserta Terbaik Indonesia Siap Bersaing di Tingkat Regional
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024 merupakan kompetisi menyanyi yang digelar untuk mencari individu berbakat di ASEAN sekaligus sebagai salah satu upaya memperkenalkan jaringan dan kapabilitas regional CIMB Group di Asia Tenggara.
 
Nasional
13/07/2024 09:28 WIB
Pemasangan Akhir Sayap Kiri Bilah Burung Garuda Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara
Sebagai informasi, bilah selubung sayap garuda terakhir untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tuntas dikirim dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke ibu kota negara baru di Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.
Telkomsel