RM
Kamis, 02 Desember 2021 - 18:41 WIB

Optimalkan Potensi Bisnis Asia Timur, BRI Buka Kantor Cabang di Taiwan

Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Dalam rangka mengembangkan bisnis, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menambah outlet luar negeri yakni Kantor Cabang di Taipei, Taiwan. Kantor Cabang Luar Negeri ke-enam yang dimiliki BRI ini terletak di No. 166, Sec. 3, Nanjing East Road, Zhongshan District, Taipei City, Taiwan. Operasional BRI Taipei Branch (BRITW) ini sudah dimulai pada Selasa, 30 November 2021.

BRI Taipei Branch telah mengantongi izin operasional sebagai Full Retail Foreign Bank Branch Office License oleh otoritas Taiwan. Dengan lisensi tersebut, BRI Taipei Branch dapat memberikan pelayanan Simpanan, Pinjaman, Remitansi, Trade Finance, dan Treasury kepada nasabah di Taiwan.

“Kehadiran BRI Taipei Branch ini diharapkan bisa memaksimalkan pangsa pasar di Asia Timur. Seperti diketahui, ekonomi Taiwan bertumpu pada produk-produk Hi-tech, semikonduktor, hingga komputer dengan total Produk Domestik Bruto (PDB) menyentuh US$668,5 miliar pada 2020,” kata SEVP Treasury & Global Services BRI, Achmad Royadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (2/12).

Potensi bisnis yang dibidik BRI melalui BRI Taipei Branch ini antara lain Diaspora di Taiwan serta Indonesian Trade Related Business. Terlebih, BRI Taipei Branch merupakan satu-satunya kantor cabang yang dimiliki oleh bank asal Indonesia di Taiwan. “Sebagai bank asal Indonesia pertama dan satu-satunya di Taiwan, BRI Taipei Branch membawa misi untuk membantu Diaspora Indonesia yang berada di Taiwan mendapatkan layanan perbankan, baik itu simpanan, pinjaman, dan layanan perbankan lainnya seperti trade finance dan bisnis remitansi,” jelasnya.

Nilai ekspor-impor Indonesia dan Taiwan yang terus meningkat semakin mendukung BRI untuk memaksimalkan pangsa pasar Asia Timur melalui BRI Taipei Branch. Nilai ekspor non-migas ke Taiwan pada Oktober 2021 menembus US$783,3 juta dan impor nonmigas sebesar US$260,3 juta.

“Kami akan berusaha untuk dapat menjembatani kegiatan ekspor-impor antara Indonesia dan Taiwan, melalui layanan Trade Finance, dan jasa perbankan lainnya. Harapannya, dengan hadirnya BRI di Taipei dapat membantu meningkatkan ekspor produk dari Indonesia ke Taiwan, khususnya produk-produk UMKM,” tambahnya.

Selain itu, BRI Taipei Branch ini merupakan komitmen perseroan untuk hadir melayani para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan. Hingga Oktober 2021, tercatat terdapat 250.000 PMI yang bekerja di Taiwan. “Para Pekerja Migran Indonesia tersebut secara rutin membutuhkan layanan remitansi untuk mengirimkan penghasilannya kepada keluarga dan memberikan layanan produk simpanan serta investasi untuk jaminan di hari tua,” jelasnya.

Sebelumnya, BRI tercatat telah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di beberapa negara. Kantor cabang tersebut antara lain BRI New York Agency (BRINYA), BRI Cayman Island Branch (BRICIB), BRI Hong Kong Representative Office (BRI HKRO), BRI Singapore Branch (BRISG), dan BRI Timor Leste Branch (BRITL). Kehadiran BRI Taipei Branch ini turut menjembatani investor asal Taiwan untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi asing di dalam negeri.

“Kedepan BRI Taipei Branch juga kami rencanakan menjadi gerbang investasi dari Taiwan ke Indonesia yang dapat membantu para investor untuk berinvestasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan nilai Investment Yield yang lebih kompetitif tentu akan menarik minat Investor dari Taiwan untuk berinvestasi di Indonesia. Pembukaan Kantor Cabang BRI di Taipei sesuai dengan semangat kami untuk Memberi Makna Indonesia,” pungkasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
9 jam yang lalu
Ferdian Timur Satyagraha Ditunjuk Sebagai Direktur Keuangan Pegadaian
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk selaku pemegang saham, menunjuk Ferdian Timur Satyagraha sebagai Direktur Keuangan, Perencanaan Strategis dan Manajemen Risiko PT Pegadaian dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar…
 
Nasional
10 jam yang lalu
MotoGP Mandalika, PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip
Jelang tes pra musim MotoGP yang akan dihelat tanggal 13 – 15 Februari 2022, PLN kembali mempersiapkan infrastruktur kelistrikan dengan menghadirkan layanan Zero Down Time (ZDT).
 
Nasional
10 jam yang lalu
Volume Pengguna Stabil, KAI Commuter Ajak Penumpang KRL Bersiap Masuki Musim Hujan
KAI Commuter mencatat bahwa volume pengguna KRL pada Senin pagi ini (17/1) tidak jauh berbeda dengan Senin pada pekan lalu.
 
Nasional
10 jam yang lalu
Lebih Ramah Lingkungan, AP I Terima Sertifikat Sistem Manajemen Energi Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai
Berkat penerapan Sistem Manajemen Energi yang ramah lingkungan, PT Angkasa Pura I (AP I) menerima sertifikat sistem manajemen energi ISO 50001:2018 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari TUV SUD Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 16:04 WIB
Strategi PLN Amankan Pasokan Batu Bara
PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik setelah Pemerintah melalui Kementerian ESDM melakukan pelarangan ekspor kepada IUPK yang belum memenuhi DMO.
 
Nasional
06/01/2022 16:00 WIB
Konsorsium Jasa Marga Pemenang Lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Senilai Rp56,2 Triliun
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penambahan konsesi jalan tol dalam rangka menciptakan value bagi pemegang saham, sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader dalam industri jalan tol di Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 15:57 WIB
KAI: 2,1 Juta Orang Gunakan Kereta Api Selama Masa Natal dan Tahun Baru 2022
PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2022 yang telah berlangsung sejak 17 Desember 2021 s.d 4 Januari 2022.
Telkomsel