RM
Selasa, 05 Oktober 2021 - 14:02 WIB

Dukung Pemberdayaan Perempuan Lombok, PNM Berikan Bantuan Sosial di Desa Adat Sade

Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) meresmikan pemberian akses air bersih, pelatihan pembuatan kemasan klaster tenun bagi nasabah PNM dan pemberian santunan untuk anak yatim di Desa Adat Sade, Desa Lombok Tengah. Pendistribusian bantuan ini secara simbolis diresmikan oleh Sunar Basuki selaku Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM, Yanuar Alfan selaku Direktur Utama BPRS Patuh Bersama, Lalu Pathul Bakri selaku Bupati Lombok Tengah dan Lalu Minaksa selaku Kepala Desa Adat Sade. Akses air bersih dan pelatihan pembuatan kemasan klaster tenun ini adalah salah satu wujud peduli dan bentuk dukungan PNM dalam pemberdayaan masyarakat Lombok Tengah, khususnya pemberdayaan perempuan.

Menenun tidak hanya membutuhkan ketekunan, tetapi juga keinginan untuk melestarikan budaya Indonesia. Sebagian besar masyarakat Desa Adat Sade khususnya perempuan rata-rata adalah penenun. Perempuan penenun di Desa Adat Sade memberikan dampak secara langsung terhadap peningkatan ekonomi sebagai sumber pendapatan untuk perempuan Desa Adat Sade. Kebersamaan dari masyarakat juga terbangun, bahwa menenun tidak hanya untuk menjaga dan melestarikan kain khas suku Sasak dan mengambil makna dari motif kain tersebut untuk beretika dalam kehidupan, namun terdapat pesan-pesan kehidupan dan sumber pendapatan yang dapat membantu ekonomi keluarganya.

“Kami (PNM) tidak hanya memberikan akses pembiayaan kepada perempuan pra sejahtera, tetapi juga melakukan pendampingan. Pelatihan ini juga bertujuan sebagai daya tarik wisata utama untuk mendukung pengembangan pariwisata daerah. Dukungan dari PNM untuk perempuan Desa Adat Sade juga sejalan dengan lima arahan presiden demi tercapainya perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju,” kata Sunar Basuki selaku Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (5/10).

Secara berkelanjutan, PNM memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), baik secara reguler ataupun klaster yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun produk. Melalui pelatihan pembuatan kemasan klaster tenun di Desa Adat Sade untuk nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 185 orang, PNM berharap ikut berkontribusi dalam rangka membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para nasabah PNM, sebagai bentuk komitmen PNM untuk terus mendorong pemberdayaan UMKM, khususnya perempuan. PNM juga secara berkelanjutan memberikan akses air bersih melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Kegiatan ini ditutup oleh pemberian santunan untuk 25 anak yatim di Desa Adat Sade.

“Pengadaan akses sumber air bersih ini tentunya kami harapkan akan membantu kebutuhan air bersih bagi warga Desa Adat Sade yang selama ini kesulitan mendapatkan akses sumber air bersih. Saya percaya, ketika akses air bersih didapat, warga dapat hidup lebih sehat, kesejahteraan keluarga lebih terjamin dan mampu berkarya lebih baik untuk memajukan kelompoknya,” tambahnya.

Sebagai informasi, hingga 4 Oktober 2021 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 3,54 T kepada nasabah PNM Mekaar Provinsi NTB dan Rp 809,82 M kepada nasabah PNM Mekaar di Lombok Tengah. Saat ini PNM memiliki 3.673 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 443 Kabupaten/Kota, dan 5.006 Kecamatan.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
HUT ke-76 TNI, ASABRI dan IFF Gelar Turnamen Persahabatan Sepak Bola Trofeo U-50 PS TNI, PS POLRI dan Timnas Legend
PT ASABRI (Persero) menyelenggarakan turnamen persahabatan Trofeo U-50 antara Timnas Legend, PS TNI dan PS Polri dalam rangka HUT ke-76 TNI.
 
Nasional
11 jam yang lalu
Anak Usia di Bawah 12 Tahun Kini Boleh Naik Kereta Api Lokal-Jarak Jauh
Mempertimbangkan ekonomi yang mulai berjalan normal, mulai 22 Oktober 2021 anak-anak usia dibawah 12 tahun kembali diperbolehkan naik kereta api setelah sebelumnya dilarang.
 
Nasional
11 jam yang lalu
Berlaku 24 Oktober, Penumpang Pesawat Jawa-Bali Wajib Tes PCR
Mulai 24 Oktober 2021, bandara kelolaan Angkasa Pura II akan memberlakukan ketentuan baru bagi penumpang pesawat domestik sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk memperkuat protokol kesehatan (prokes) yang sebelumnya telah dilakukan secara…
 
Nasional
18/10/2021 14:26 WIB
BNI Life Bayarkan Uang Pertanggungan Rp1,2 Miliar Kepada Nasabah
PT BNI Life Insurance (BNI Life) kembali membayarkan uang pertanggungan kepada nasabah. Uang pertanggungan Rp1,2 Miliar diserahkan secara simbolis di kediaman ahli waris.
 
Nasional
18/10/2021 14:21 WIB
Pencegahan Varian Baru Covid-19, Penumpang Pesawat Luar Negeri Wajib Karantina
Pandemi COVID-19 belum berakhir, namun varian baru seperti varian Mu dan Lambda bermunculan di beberapa negara.
 
Nasional
15/10/2021 19:04 WIB
Sambut 35 Tahun Operasional KA Babaranjang, KAI Hadirkan Lokomotif Livery Vintage Era Tahun 1953-1991
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan kembali livery lokomotif era tahun 1953 – 1991 pada 3 unit Lokomotif seri CC 202. Peluncuran lokomotif seri CC 202 dengan livery vintage ini dilakukan untuk memperingati 35 tahun operasional KA Batu Bara Rangkaian Panjang (Babaranjang)…
 
Nasional
15/10/2021 18:59 WIB
Jelang WSBK 2021, Menko Perekonomian Tinjau Kesiapan Bandara Internasional Lombok
Menjelang kedatangan peserta dan panitia perhelatan World Superbike (WSBK) 2021, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto meninjau kesiapan Bandara Internasional Lombok.
Telkomsel