Dok. Denny JA
Rabu, 05 Juni 2024 - 12:51 WIB

Denny JA Pelukis Pertama di Indonesia Dengan Asisten Artificial Intelligence

Dok. Denny JA
Dok. Denny JA
Dummy

ECONOMIC ZONE - SEBANYAK 188 lukisan Denny JA dipamerkan di Jakarta. Tiga hal yang membuatnya unik. 

Pertama, banyak lukisannya merekam peristiwa pilpres 2024, bencana pandemik Covid-19, dan derita anak- anak Palestina yang tanahnya dibom Israel.

Kedua, dalam melukis, Denny JA menggunakan asisten bernama Artificial Intelligence. Sejak tahun 2022, Denny JA sudah mempublikasi karya lukisannya dalam sebuah buku. Lima aplikasi Artificial Intelligence ia kombinasikan.

Ketiga, pameran lukisan Denny JA tidak diselenggarakan di galeri, tidak di TIM (Taman Ismail Marzuki). Tidak juga pagelaran ini dibatasi waktu. Selamanya atau secara permanen, 188 lukisan Denny JA akan tetap dipajang di Mahakam 24 Residence, Jakarta.

Tiga tokoh merespon lukisan Denny JA. Pertama, kritikus lukisan senior Agus Dermawan T. 

Menurutnya: “Jika Monet dan pelukis dunia lain melukis dengan pensil, kuas dan pisau palet, Denny JA melukis dengan aplikasi Artificial Intelligence.”

Kedua, komentar dari Wina Armada, yang merupakan kritikus seni dan film.

Ujar Wina: “"Langkah Denny JA menggunakan Artificial Intelligence itu terobosan awal seni rupa Indonesia. Sejarah mencatat itu."

Ketiga, review dari Dwi Heryanto, Dirut Perum Produksi Film Nasional (PFN).

“Denny JA adalah pelukis Indonesia yang pertama, yang menggunakan asisten artificial intelligence," ungkapnya.

Mengapa Mahakam 24 Residence, Jakarta, menyediakan tempatnya untuk secara permanen untuk memamerkan 188 lukisan AI Denny JA? 

Manajer hotel Firman Firdaus menjawab bahwa pihaknya ingib memulai tradisi baru.

“Kami ingin memulai tradisi baru. Hotel kami juga ingin sekaligus menjadi galeri permanen satu genre lukisan saja," jelasnya.

Ujar Firman, “Memang hotel kami tidak mewah karena ia bukan hotel bintang lima. Memang hotel kami juga tidak lengkap fasilitas gelar lukisan karena ia bukan museum atau galeri"

"Tapi hotel kami bersiap menjadi galeri lukisan juga. Khususnya satu genre saja, dalam hal ini, genre lukisan artificial intelligence," sambungnya.

Maka seluruh gedung itu dengan enam lantai, dipenuhi lukisan Denny JA.  

Di semua lantai tersebut, di bagian eksterior, yang menghubungkan kamar-kamarnya dipajang 188 lukisan Denny JA. Setiap lantai berisi lukisan dengan satu topik dan tema berbeda-beda.

Di lantai paling tinggi, yaitu lantai tujuh, khusus menampilkan lukisan-lukisan Denny JA mengenai imajinasi anak-anak. Ada anak-anak di sana yang sedang rindu bermain ayunan di bulan.

Ada anak kecil dari satu desa yang naik sepeda dan membayangkan dirinya melayang di antara planet-planet yang luas. Juga ada anak-anak yang membayangkan mereka masuk ke dalam laut dan bermain dengan ikan-ikan sebagai sahabatnya. 

Lantai bawahnya lagi khusus untuk aneka lukisan dengan telinga yang besar. Itu sebagai simbol mendengarkan. Denny menggambarkan tokoh yang dalam hidupnya banyak mendengar, telinganya lebih besar.

Di sana ada Mahatma Gandhi, Nelson Mandela. Ada Bunda Teresa, Dalai Lama. Juga hadir tokoh-tokoh lain yang mungkin tidak kita kenal, tetapi mereka mendedikasikan diri untuk mendengar. 

Lantai di bawahnya lagi, Denny melukis ulang berbagai pelukis dunia. Remaking. Tetapi dalam lukisan itu saya berikan bobot baru sesuai dengan zaman sekarang. 

Ada Da Vinci, Michelangelo, Van Gogh, Pablo Picasso, tetapi juga generasi berikutnya seperti Andy Warhol, Gustav Klimt, Frida Kahlo, Fernando Botero.

Bahkan juga ada pelukis Indonesia seperti Raden Saleh, Dede Eri Supria dan Affandi, yang lukisan dilukis ulang oleh Denny JA, demikian Firman Firdaus.

Denny JA sendiri menyatakan. “Kemampuan AI untuk melukis pada waktunya akan melampaui raksasa pelukis di zaman dulu. Tapi tetap saja para kreator yang mendaya gunakan AI itu akan lebih hebat lagi. ***

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
22 jam yang lalu
Akselerasi Layanan Digital Banking, Bank DKI Hadir di Jakarta Fair 2024
Bank DKI menjadikan ajang Jakarta Fair 2024 yang berlangsung pada 12 Juni – 14 Juli 2024 sebagai momentum untuk memperluas penggunaan layanan digital banking dalam mewujudkan penerapan transaksi non-tunai bagi seluruh masyarakat di Jakarta.
 
Nasional
12/06/2024 19:32 WIB
Hadirkan Inovasi Layanan Perbankan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Indonesia Best Living Legend Company 2024
Konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan kemudahan transaksi perbankan bagi masyarakat Jakarta, diapresiasi oleh majalah SWA dengan pemberian penghargaan sebagai Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.
 
Industri
12/06/2024 06:21 WIB
Jaga Ekosistem Laut, ACC Dukung Konservasi Penyu di Bali
ACC mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri.
 
Nasional
11/06/2024 06:31 WIB
Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia
Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.
 
Nasional
08/06/2024 19:44 WIB
Bank DKI Gandeng PT Bangun Niaga Perkasa, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Berjualan di Pasar Sehat Banjaran Kabupaten Bandung
Bank DKI dan PT Bangun Niaga Perkasa menjalin kerja sama, khususnya kemudahan memperoleh dukungan finansial untuk kepemilikan tempat berjualan bagi pedagang di Pasar Sehat Banjaran, Kabupaten Bandung.
 
Nasional
06/06/2024 11:36 WIB
XL Axiata Luncurkan Paket Baru “Bebas Puas” Bebas Pilih Paket Sesuai Isi Kantong dan Kebutuhan
XL Axiata selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan dalam setiap produk dan layanannya agar mereka mendapatkan #kemudahan dan #JadiLebihBaik.
 
Nasional
06/06/2024 11:14 WIB
28 Ilmuwan Muda Memperkenalkan Solusi Inovatif Untuk Kehidupan Sehari-Hari Di Pameran Sains Tahunan Ke 6 SPH
Applied Science Academy (ASA) Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village dengan bangga mempersembahkan pameran keenamnya yang menampilkan hasil penelitian 28 ilmuwan muda, siswa/i anggota ASA, dalam berbagai bidang. Beberapa diantaranya meliputi pengembangan produk, pembuatan prototipe,…
Telkomsel