Fauzi Jamal
Selasa, 28 November 2023 - 08:35 WIB

Luncurkan Deposito Wakaf, BSI Gali Potensi Wakaf Uang di Indonesia

Peresmian secara simbolik dilakukan oleh Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) kepada Kepala Badan Pengelola Bisnis, Investasi dan Wakaf IPB Naufal Mahfudz (kiri) (27/11).Foto/Dok-BSI/ECONOMICZONE
Peresmian secara simbolik dilakukan oleh Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) kepada Kepala Badan Pengelola Bisnis, Investasi dan Wakaf IPB Naufal Mahfudz (kiri) (27/11).Foto/Dok-BSI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap mendorong instrumen keuangan sosial syariah, salah satunya wakaf uang. Sebagai bentuk komitmen mendukung pertumbuhan wakaf uang di Tanah Air, BSI menginisiasi penerbitan BSI Deposito Wakaf yang merupakan pengembangan dari konsep Cash Waqf Linked Deposit (CWLD).

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, BSI berkomitmen mendorong pertumbuhan wakaf uang di Indonesia agar penyaluran imbal hasil wakaf dapat terlaksana dengan baik, tepat sasaran, dan berkelanjutan. BSI berperan sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) yang memfasilitasi para nazhir/pengelola wakaf untuk menempatkan dana wakaf uang melalui bank syariah.  

Anton menambahkan, BSI Deposito Wakaf ini semata-mata bukan mencari kuantitas atau volume, melainkan lebih dari itu. Inisiasi ini menjadi bukti nyata peran BSI sebagai bank syariah terbesar yang mengembang tanggungjawab untuk memberikan kemaslahatan kepada ummat dan berkelanjutan.

“Dana pokok deposito yang ditempatkan nasabah/wakif akan menjadi dana wakaf sementara [temporer] yang dikelola oleh nazhir melalui instrumen deposito syariah. Imbal hasil dari pengelolaan wakaf uang ini kemudian disalurkan untuk proyek - proyek sosial yang nantinya akan terus bergulir kepada penerima manfaat [mauquf 'alaih]. Yang menarik, di akhir periode, dana wakaf ini kembali kepada nasabah/wakif,” papar Anton.

Pada tahap awal, lanjutnya, BSI meluncurkan BSI Deposito Wakaf Seri 001 dengan spesifikasi penerima manfaat dari sektor pendidikan. Pada tahap awal tersebut, BSI menargetkan dapat menghimpun DPK deposito wakaf senilai Rp100 miliar dari calon wakif potensial.

Sementara itu, data Badan Wakaf Indonesia (BWI) pada 2022 menyebutkan bahwa potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp180 triliun. Namun demikian, yang berhasil digali baru sekitar Rp2,3 triliun saja. Artinya, potensi wakaf uang yang belum tergali masih sangat besar.

Sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual, BSI bertujuan menjadikan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) sebagai instrumen ekonomi keumatan yang dapat mengangkat kualitas kehidupan masyarakat, baik dari segmen pendidikan, sosial, lingkungan dan ekonomi. Untuk itu, BSI Deposito Wakaf menjadi salah satu produk yang digadang-gadang mampu untuk memberikan kesejahteraan umat.

Adapun, sampai dengan September 2023, total porsi deposito yang dihimpun di BSI mencapai Rp106 Triliun atau sekitar 40% dari keseluruhan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang mencapai Rp262 Triliun.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Bank Mandiri Taspen dan BSSN Gelar Seminar Memperkuat Kesadaran dan Keamanan Siber
Bank Mandiri Taspen telah mengambil langkah maju dalam memperkuat kesadaran dan keamanan siber di lingkungan internal.
 
Nasional
3 jam yang lalu
Mulai Pasarkan Proyek Rumah Mewah di Bali, GOLF Targetkan Marketing Sales Rp465 Miliar
'The Links Golf Villa' merupakan kawasan perumahan dengan nuansa villa yang dibangun perseroan melalui anak usahanya, yaitu PT New Kuta Golf and Ocean View (NKG). Ini akan menjadi satu satunya perumahan di Bali yang berada di dalam area lapangan golf.
 
Nasional
4 jam yang lalu
BTN Sabet Euromoney Awards For Exellence 2024
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Bank For Diversity and Inclusion dalam Ajang Euromoney Awards For Exellence 2024 di London, pada 18 Juli 2024. BTN menjadi satu-satunya bank asal Indonesia yang meraih penghargaan Euromoney Awards…
 
Nasional
12 jam yang lalu
MINI Indonesia Hadirkan Rangkaian Kendaraan MINI Generasi Terbaru di GIIAS 2024.
BMW Group Indonesia juga menghadirkan model-model teranyar dari MINI di GIIAS 2024. Mereka adalah MINI Cooper S, MINI Cooper SE, MINI Countryman S ALL4, MINI JCW Countryman S ALL4 dan MINI Countryman SE ALL4.
 
Industri
18/07/2024 10:54 WIB
Truk Terlaris di Indonesia, Mitsubishi FUSO Luncurkan eCanter
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menampilkan inovasi produk dan layanan purnajual dengan meluncurkan truk listrik eCanter di ajang GIIAS 2024.
 
Nasional
17/07/2024 16:39 WIB
Subaru Borong Kebahagiaan untuk Semua Kendaraan di GIIAS 2024
Kolaborasi atraktif juga Kembali dihadirkan baik secara display kendaraan khusus bersama Ziko Harnadi dan Julian Johan, ataupun juga untuk Subaru Lifestyle bersama Saturdays dan Rawtype-Riot.
 
Nasional
16/07/2024 14:42 WIB
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024, Dua Peserta Terbaik Indonesia Siap Bersaing di Tingkat Regional
Kejar Mimpi Rising Start-Singing Competition 2024 merupakan kompetisi menyanyi yang digelar untuk mencari individu berbakat di ASEAN sekaligus sebagai salah satu upaya memperkenalkan jaringan dan kapabilitas regional CIMB Group di Asia Tenggara.
Telkomsel