Fery Pradolo
Rabu, 23 Agustus 2023 - 19:44 WIB

Program Digibank by DBS ‘Live & Learn Yang Bertujuan Untuk Memajukan Literasi dan Inklusi Finansial

Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Beragamnya pilihan dan destinasi liburan, perlu dicermat dalam mengelola keuangan agar dapat berlibur dengan nyaman. Memahami hal tersebut, Bank DBS Indonesia menggelar program digibank by DBS ‘Live & Learn’ yang bertujuan untuk memajukan literasi dan inklusi finansial dalam masyarakat, diantaranya kepada komunitas MAMS (Mama Anak Makin Seru) binaan Traveloka Xperience. Mengusung topik ‘Traveling Sekeluarga Anti-Boncos’, acara ini menghadirkan pakar keuangan agar para ibu dapat mengelola budget liburan lebih tepat. 

Data oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) pada paruh pertama 2023 di Indonesia mencapai 433,57 juta perjalanan, meningkat 12,57 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022. Selama Januari-April 2023, jumlah penumpang domestik mencapai 19,2 juta orang dan jumlah penumpang internasional sebanyak 4,4 juta orang, masing-masing melonjak 32,84 persen dan 564,12 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Mengatur budget liburan gampang-gampang susah, ditambah dengan banyaknya kebutuhan prioritas hidup. Berikut beberapa cara cerdik yang bisa kamu lakukan dalam mengelola dana liburan: Siapkan "dompet khusus" untuk perjalananmu, atur cashflow, dan ubah transaksi jadi cicilan untuk amankan rencana masa depan. Utamakan keamanan dalam bertransaksi selama perjalanan dankKendali penuh instan dalam 1 aplikasi.

Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Erline Diani mengatakan, “Kami melihat bahwa kembali tumbuhnya perjalanan dan mobilitas masyarakat baik secara domestik maupun mancanegara merupakan pertanda bahwa kondisi ekonomi sudah semakin membaik. Oleh karena itu, digibank by DBS hadir sebagai perbankan digital dengan fitur yang komprehensif (full-fledged digital banking) sehingga nasabah dapat menjalani hidup yang lebih bermakna tanpa perlu dirumitkan oleh urusan perbankan atau ‘Live more, Bank less’. 

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen. Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10 persen meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa jarak antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 persen di tahun 2019 menjadi 35,42 persen pada 2022. Hasil menggembirakan lainnya dari sisi gender, untuk pertama kalinya, indeks literasi keuangan perempuan lebih tinggi yakni sebesar 50,33 persen dibanding laki-laki yaitu 49,05 persen. Hal ini tidak terlepas dari upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjadikan perempuan sebagai sasaran prioritas dalam arah strategis literasi keuangan. 

Menyikapi perkembangan literasi keuangan masyarakat, Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika mengatakan, “Sebagai bank dengan tujuan positif atau purpose-driven bank, kami berkomitmen untuk memberikan edukasi literasi dan inklusi finansial kepada masyarakat sejalan dengan agenda pemerintah. Pada intinya, literasi keuangan bukan hanya sebuah kemampuan, namun sebuah alat yang diperlukan sehingga individu dapat mengatur keuangannya. Dengan memahami kondisi finansialnya, masyarakat dapat membuat keputusan yang terinformasi, membangun pondasi yang kuat, menavigasi transisi kehidupan, dan melindungi diri terhadap fraud atau penipuan sehingga nasabah dapat menata keuangan yang aman untuk masa depan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang positif.”

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/06/2024 19:32 WIB
Hadirkan Inovasi Layanan Perbankan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Indonesia Best Living Legend Company 2024
Konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan kemudahan transaksi perbankan bagi masyarakat Jakarta, diapresiasi oleh majalah SWA dengan pemberian penghargaan sebagai Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.
 
Nasional
12/06/2024 13:51 WIB
Tingkatkan Pertumbuhan Pembiayaan, CNAF Tawarkan SUKUK Senilai Rp1 Triliun
Penawaran Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar I tahun 2024 terdiri dari dua Seri, Seri A dengan jangka waktu 370 Hari Kalender dan Seri B dengan jangka waktu 3 tahun sejak Tanggal Emisi.
 
Industri
12/06/2024 06:21 WIB
Jaga Ekosistem Laut, ACC Dukung Konservasi Penyu di Bali
ACC mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri.
 
Nasional
11/06/2024 06:31 WIB
Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia
Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.
 
Nasional
09/06/2024 16:26 WIB
Hadirnya Penyair Kawakan di Festival Puisi Esai ASEAN Malaysia
Festival tingkat ASEAN ini sejak pertama dibiayai sepenuhnya oleh pemerintahan Sabah, Malaysia.
 
Nasional
08/06/2024 19:44 WIB
Bank DKI Gandeng PT Bangun Niaga Perkasa, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Berjualan di Pasar Sehat Banjaran Kabupaten Bandung
Bank DKI dan PT Bangun Niaga Perkasa menjalin kerja sama, khususnya kemudahan memperoleh dukungan finansial untuk kepemilikan tempat berjualan bagi pedagang di Pasar Sehat Banjaran, Kabupaten Bandung.
 
Nasional
06/06/2024 17:17 WIB
Bank Danamon Raih Penghargaan Transparansi dan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024
Penghargaan ini diberikan pada ajang Transparansi & Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 yang diselenggarakan oleh Investor trust bekerjasama dengan PT Bumi Global Karbon (BGK) Foundation.
Telkomsel