RM
Jumat, 29 Juli 2022 - 13:55 WIB

BTN Siapkan Klinik Untuk Konsultasi Bangun Rumah Secara Gratis

Foto/Dok-BTN/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BTN/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - YOGYAKARTA, 29 Juli 2022. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus mendukung penyediaan perumahan rakyat yang layak huni. Terbaru, perseroan bersama Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi mendukung inisiasi Klinik Rumah Swadaya (KRS) di kawasan perguruan tinggi UGM.

Direktur Finance Bank BTN Nofry Rony Poetra mengatakan KRS menjadi jawaban bagi masyarakat yang ingin membangun rumah secara mandiri atau swadaya. KRS tersebut, lanjutnya, akan memberikan konsultasi dan pendampingan mulai dari penentuan bahan bangunan hingga perizinan dalam membangun rumah yang layak huni. 

Selain itu, tambah Nofry, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi untuk mengakses fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Bangun Rumah dari Bank BTN lewat KRS. “Klinik ini akan kami adaptasi untuk cabang-cabang kami di seluruh Indonesia sebagai bagian kemitraan BTN dengan PUPR. Kami akan siapkan juga untuk konsultasi produk perbankan sehingga masyarakat terbantu baik untuk teknis pembangunan hingga pembiayaan,” jelas Nofry pada penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Direktorat Jenderal Perumahan dan Fakultas Teknik UGM tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Perumahan di Yogyakarta, Jumat (29/7). 

Nofry menambahkan layanan KRS ini dapat diakses secara gratis. Tidak hanya masyarakat umum, calon pengembang perumahan pun dapat memanfaatkan fasilitas ini. Untuk mengakses layanan tersebut, masyarakat umum dapat langsung datang ke Gedung Housing Finance Center - Kantor Cabang Pembantu Bank BTN di UGM, Yogyakarta. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Salahudin Rasyidi mengatakan KRS menjadi sarana bagi masyarakat yang tidak mampu mengakses jasa biro arsitek. Di klinik ini, masyarakat didampingi untuk mendesain rumah yang sehat dan layak huni. Masyarakat pun bisa dibantu menghitung kebutuhan biaya hingga diberikan pendampingan saat pembangunan rumah. “Dari sisi perizinan juga akan didampingi termasuk melihat dari sisi lahan apakah aman atau rawan bencana,” ujar Salahudin. 

Dekan Fakultas Teknik UGM Selo menuturkan pihaknya siap untuk berkontribusi dalam penyediaan perumahan di Indonesia. “Kami siap mendukung perumahan nasional.”

Adapun, Bank BTN dan UGM telah sejak lama menjalin kemitraan melalui pelatihan di bidang perumahan. Dalam kemitraan dengan Fakultas Teknik UGM dan Keluarga Alumni Teknik Sipil UGM tersebut, pada 2019 telah terbentuk School of Property Developer  (SDP). Sekolah tersebut menjadi wadah pembelajaran komprehensif bagi para calon pengembang rumah di Indonesia. 
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
04/08/2022 17:39 WIB
CIMB Niaga Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung pemberdayaan ekonomi bagi para penyandang disabilitas (teman disabilitas) secara berkelanjutan.
 
Nasional
03/08/2022 16:07 WIB
CIMB Niaga Kembali Hadirkan Konser Kejar Mimpi untuk Indonesia
Menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Andi Rianto bersama Magenta Orchestra dengan sederet seniman inspiratif Anggun , Maudy Ayunda , Afgan , Rossa , Marcell , Dee Lestari , Sruti Respati , Lyodra , Cut Mini , dan Sandra Dewi .
 
Nasional
02/08/2022 10:25 WIB
IndiHome Gelar Nobar Premiere TV Series Terbaru Dikta dan Hukum
IndiHome Jabodetabek & Banten berkolaborasi bersama WeTV menggelar “Nobar Asyik Bareng Kamu” Gala Premiere WeTV series terbaru berjudul “Dikta dan Hukum”.
 
Nasional
01/08/2022 16:28 WIB
Menteri Erick Thohir Persilahkan CFW Pindah ke Sarinah, Asal Tidak Dipolitisasi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyambut terbuka gagasan pemindahan ajang Citayam Fashion Week (CFW) ke Sarinah.
 
Nasional
01/08/2022 16:25 WIB
Semester I/2022 Penjualan Phapros Naik 21 Persen, Antimo Jadi Andalan
Perusahaan BUMN PT Phapros Tbk berhasil membukukan pertumbuhan penjualan bersih semester I tahun 2022 sebesar 21 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
 
Nasional
01/08/2022 16:20 WIB
IndiHome Konsisten Dukung Pengembangan Atlet Badminton Indonesia Melalui IGBA
Para atlet muda binaan IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) sukses menyabet banyak gelar juara di Gubernur (Jakarta) Cup.
 
Nasional
28/07/2022 20:04 WIB
Ulas Tantangan Resesi Ekonomi, Ralali Luncurkan Tiga Solusi Bisnis Lewat Executive Talks
Menggelar Executive Talks dengan bertemakan “Collaborative Growth in Challenging Time”, Ralali berfokus mencari solusi strategis untuk para pengusaha dan entitas bisnis Indonesia agar bertahan menghadapi urgensi tantangan ekonomi global.
Telkomsel