Endang Muchtar
Rabu, 27 Juli 2022 - 23:05 WIB

Berkolaborasi Mendemokratisasi Investasi melalui Digitalisasi, Mirae Asset-BRI Luaskan Investasi Pasar Modal ke Masyarakat

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk dapat meluaskan investasi pasar modal kepada masyarakat ke seluruh Indonesia untuk mendemokratisasi investasi melalui digitalisasi. 

Daewoong An, Direktur Mirae Asset Sekuritas, mengatakan kolaborasi melalui digitalisasi tersebut terutama dilakukan melalui pembukaan rekening investasi secara online (online opening account/OOA). 

"Sebuah kesempatan yang luar biasa bagi dua pemimpin pasar di industrinya masing-masing, Mirae Asset Sekuritas dan BRI, memulai kolaborasi dan menjadi titik balik untuk mengembangkan pasar keuangan Indonesia,” ujar Mr. An dalam acara Inauguration Ceremony Mirae Asset Sekuritas-BRI, 27 Juli 2022.

BRI adalah bank BUMN terbesar serta memiliki cabang dengan sebaran terluas. Di sisi lain, Mirae Asset merupakan perusahaan efek dengan nilai transaksi saham terbesar di Indonesia. Ke depannya, Mr. An berharap Mirae Asset Sekuritas dapat memfasilitasi minat investasi nasabah BRI dan juga publik dengan memanfaatkan kemajuan digital.

Dengan tema Collaboration to Accelerate the Democratization of Finance through Digitalization, kerja sama kedua perusahaan tersebut memungkinkan masyarakat dan nasabah BRI dapat membuka rekening investasi pasar modal di Mirae Asset Sekuritas secara online. 

Dalam berinvestasi di pasar modal serta memiliki rekening efek di sekuritas, calon investor memiliki hak dan kewajiban untuk membuka rekening dana nasabah (RDN) untuk menjadi rekening dana alokasi investasi serta penampung hasil investasinya. 

Mirae Asset Sekuritas sebelumnya telah menggandeng dua bank swasta bagi pembukaan RDN nasabah yang membuka rekening investasi secara online. Lalu hari ini, inagurasi kerja sama Mirae Asset Sekuritas dengan BRI menandai kerja sama OOA antara kedua perusahaan sekaligus semakin menggencarkan literasi investasi kepada masyarakat. 

Dengan demikian, sudah ada tiga bank yang sudah bekerja sama dengan Mirae Asset Sekuritas untuk membuka rekening investasi secara online. Melalui pembukaan rekening investasi secara online tersebut, investor dapat merasakan pengalaman menggunakan produk teknologi digital termutakhir. 

Teknologi yang digunakan dalam pembukaan rekening investasi online (OOA) itu termasuk dokumentasi tanpa kertas sama sekali (paperless), adanya pengecekan kesamaan wajah secara digital (face comparison), penyamaan data otomatis KTP melalui Optical Character Recognition (OCR), dan tanda tangan online (online signature).

Pada kesempatan yang sama, Handayani, Direktur BRI, mengatakan kolaborasi dua perusahaan terbesar di masing-masing industrinya itu akan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Dia mengatakan kolaborasi kedua perusahaan diharapkan dapat menambah jumlah pembukaan baru 1 juta rekening dana nasabah atau senilai Rp 1 triliun. 

"Harapannya [bertambah] 1 juta RDN setahun. Pilihannya 1 juta RDN atau Rp 1 triliun dana yang ada di RDN,” ujar Handayani.

Dia mengatakan seiring dengan niat mendemokratisasi investasi melalui digitalisasi, literasi keuangan dan investasi yang akan dijalankan Mirae Asset Sekuritas dan BRI ke depannya secara berkelanjutan dapat membuat masyarakat di seluruh Indonesia lebih sadar keuangan dan sadar investasi.

Untuk memuluskan gerakan mendemokratisasi investasi tersebut, inovasi teknologi Mirae Asset memungkinkan investor berinvestasi di pasar modal secara online dan inovasi teknologi BRI memungkinkan nasabahnya menjadi sadar finansial dan layanan perbankan.

Dengan digitalisasi, Mirae Asset Sekuritas bahu membahu bersama BRI untuk memudahkan proses berinvestasi melalui pembukaan rekening secara online. Kerja sama dari dua perusahaan yang menjadi pemimpin pasar di industrinya masing-masing tersebut disahkan melalui inagurasi yang digelar hari ini. 

Dalam acara inagurasi kerja sama tersebut, turut hadir Direktur Mirae Asset Sekuritas Arisandhi Indrodwisatio, Senior EVP of Treasury & Global Services Directorate BRI Achmad Royadi, dan Head of Syndication & Financial Institution Non-Bank Division BRI Trihartono. 
Selain itu, acara tersebut turut dihadiri Head of Wealth Management Division BRI Tina Meilina, Head of Investment Services Division BRI Ira Irmalia Sjam, dan Head of Mass Funding Division BRI Kicky Andrie.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
04/08/2022 17:39 WIB
CIMB Niaga Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung pemberdayaan ekonomi bagi para penyandang disabilitas (teman disabilitas) secara berkelanjutan.
 
Nasional
03/08/2022 16:07 WIB
CIMB Niaga Kembali Hadirkan Konser Kejar Mimpi untuk Indonesia
Menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Andi Rianto bersama Magenta Orchestra dengan sederet seniman inspiratif Anggun , Maudy Ayunda , Afgan , Rossa , Marcell , Dee Lestari , Sruti Respati , Lyodra , Cut Mini , dan Sandra Dewi .
 
Nasional
02/08/2022 10:25 WIB
IndiHome Gelar Nobar Premiere TV Series Terbaru Dikta dan Hukum
IndiHome Jabodetabek & Banten berkolaborasi bersama WeTV menggelar “Nobar Asyik Bareng Kamu” Gala Premiere WeTV series terbaru berjudul “Dikta dan Hukum”.
 
Nasional
01/08/2022 16:28 WIB
Menteri Erick Thohir Persilahkan CFW Pindah ke Sarinah, Asal Tidak Dipolitisasi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyambut terbuka gagasan pemindahan ajang Citayam Fashion Week (CFW) ke Sarinah.
 
Nasional
01/08/2022 16:25 WIB
Semester I/2022 Penjualan Phapros Naik 21 Persen, Antimo Jadi Andalan
Perusahaan BUMN PT Phapros Tbk berhasil membukukan pertumbuhan penjualan bersih semester I tahun 2022 sebesar 21 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
 
Nasional
01/08/2022 16:20 WIB
IndiHome Konsisten Dukung Pengembangan Atlet Badminton Indonesia Melalui IGBA
Para atlet muda binaan IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) sukses menyabet banyak gelar juara di Gubernur (Jakarta) Cup.
 
Nasional
29/07/2022 16:48 WIB
Laba Bersih PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) Tumbuh hingga 222,9% pada Semester I/2022
PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) membukukan kinerja keuangan positif pada semester I/2022 baik dari sisi pendapatan, laba bersih, maupun earning before interest tax, depreciation, and amortization (EBITDA). Pencapaian ini didorong oleh tren kenaikan harga crude palm oil (CPO). 
Telkomsel