Endang Muchtar
Rabu, 27 Juli 2022 - 22:46 WIB

Artajasa Dukung Perbankan dan Industri Sistem Pembayaran Untuk Terhubung dengan BI-Fast melalui Layanan Bersama Interface Processor

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE -  PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) sebagai perusahaan shared ATM network dengan jumlah anggota terbanyak di Indonesia melalui brand ATM Bersama kembali meluncurkan inovasi terbarunya. Dalam rangka mendukung program Bank Indonesia dan percepatan implementasi BI-FAST pada ekosistem pembayaran di Indonesia, Artajasa menghadirkan layanan Bersama Interface Processor (BIP) sebagai solusi infrastruktur calon peserta BI-FAST agar dapat terhubung dengan layanan milik Bank Indonesia tersebut secara aman, andal dan efisien.

Direktur Utama Artajasa M. Ma’ruf menjelaskan bahwa berdasarkan data Bank Indonesia, sejak diimplementasikan pada akhir 2021 lalu hingga Juni 2022, transaksi BI-FAST telah mencapai
127,8 juta transaksi dan akan terus meningkat seiring dengan kemudahan akses layanan BIFAST oleh masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan meningkatnya awareness masyarakat terhadap layanan digital perbankan.

“Artajasa senantiasa mendukung program-program Bank Indonesia dan terus bersinergi khususnya dalam hal percepatan implementasi BI-FAST. Selain itu kami juga berkomitmen untuk selalu menghadirkan layanan sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal sehingga bermanfaat sebesar-besarnya bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia” jelas M.Ma’ruf.

Guna mendukung hal tersebut, Artajasa menghadirkan layanan Bersama Interface Processor  (BIP) yaitu sebuah solusi Infrastructure as a service (IaaS) yang disediakan bagi calon peserta BI-FAST agar dapat menghubungkan sistem mereka ke sistem BI-FAST sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dengan mekanisme managed service dan sharing infrastruktur.   Saat ini terdapat 22 (dua puluh dua) institusi perbankan telah mempercayakan Artajasa sebagai penyedia sistemnya melalui pemanfaatan Bersama Interface Processor (BIP).

Sebanyak 5 (lima) Bank yang terdiri dari Bank Papua, Bank Arta Graha, Bank DKI, Bank DKI Syariah, dan Bank Bumi Arta telah live ber-operasional. 4 (empat) Bank dalam tahap integrasi yaitu, Bank 
Kalsel, Bank Kalsel Syariah, Bank Capital dan Bank Muamalat. Serta 13 (tiga belas) intitusi perbankan lainnya yang masih menunggu proses administrasi perizinan Bank Indonesia.

“Kami berharap, dengan semakin banyaknya institusi baik bank maupun non-bank yang dapat menggunakan layanan Bersama Interface Proessor (BIP) akan mempercepat digitalisasi dan 
inklusifitas sistem pembayaran sebagaimana yang diprogramkan oleh Bank Indonesia. Dan kami juga sangat mengapresiasi para institusi yang telah memberikan kepercayaan kepada 
Artajasa dalam menyiapkan infrastruktur terkait BI-FAST melalui layanan Bersama Interface Processor.

Hadirnya layanan ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi calon peserta BI-FAST dalam mengimplementasikan layanan BI-FAST, karena memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat terkoneksi ke sistem BI-FAST Bank Indonesia dengan pengembangan dan biaya investasi yang minimal”, kata M. Ma’ruf dalam sambutannya. 

BI-FAST adalah infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan Bank Indonesia yang dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan oleh penyelenggara jasa pembayaran bagi nasabahnya. Terkait dengan implementasi BI-FAST ini, sebagai penyelenggara infrastruktur penunjang pembayaran, Artajasa berperan aktif dalam mendukung calon peserta tidak hanya terhubung ke sistem BI-FAST tetapi juga meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya serta memenuhi semua ketentuan regulasi sebagaimana yang tertuang pada PADG BI No. 23/25/PADG/2021 Tentang Penyelenggaraan Bank Indonesia-Fast Payment, yaitu terdiri dari hardware server dan hardware security module meliputi environment, production dan development. jelas M.Ma’ruf.  

Artajasa terus berupaya mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional melalui konsolidasi industri sistem pembayaran nasional serta integrasi ekonomi keuangan digital secara end-to-end dengan tidak hanya menjadi perusahaan switching namun juga sebagai penyedia infrastruktur dan Teknologi. Strategi ini diharapkan dapat menghadirkan ekosistem sistem pembayaran Indonesia yang 3i (integrated, interoperable, interconnected).

Sebagai pelopor penyedia layanan transaksi elektronis terdepan Artajasa tentu memahami berbagai kebutuhan pelanggan yang beragam. Dengan menciptakan produk dan inovasi layanan transaksi pembayaran yang fleksibel, Artajasa hadir mendukung pertumbuhan bisnis pelanggan agar terus berkelanjutan serta mendedikasikan kemampuan dan pengalaman professional dalam dunia sistem pembayaran untuk kolaborasi, bertumbuh dan maju bersama pelanggan dalam menjawab tantangan bisnis yang semakin dinamis.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
04/08/2022 17:39 WIB
CIMB Niaga Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung pemberdayaan ekonomi bagi para penyandang disabilitas (teman disabilitas) secara berkelanjutan.
 
Nasional
03/08/2022 16:07 WIB
CIMB Niaga Kembali Hadirkan Konser Kejar Mimpi untuk Indonesia
Menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Andi Rianto bersama Magenta Orchestra dengan sederet seniman inspiratif Anggun , Maudy Ayunda , Afgan , Rossa , Marcell , Dee Lestari , Sruti Respati , Lyodra , Cut Mini , dan Sandra Dewi .
 
Nasional
02/08/2022 10:25 WIB
IndiHome Gelar Nobar Premiere TV Series Terbaru Dikta dan Hukum
IndiHome Jabodetabek & Banten berkolaborasi bersama WeTV menggelar “Nobar Asyik Bareng Kamu” Gala Premiere WeTV series terbaru berjudul “Dikta dan Hukum”.
 
Nasional
01/08/2022 16:28 WIB
Menteri Erick Thohir Persilahkan CFW Pindah ke Sarinah, Asal Tidak Dipolitisasi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyambut terbuka gagasan pemindahan ajang Citayam Fashion Week (CFW) ke Sarinah.
 
Nasional
01/08/2022 16:25 WIB
Semester I/2022 Penjualan Phapros Naik 21 Persen, Antimo Jadi Andalan
Perusahaan BUMN PT Phapros Tbk berhasil membukukan pertumbuhan penjualan bersih semester I tahun 2022 sebesar 21 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
 
Nasional
01/08/2022 16:20 WIB
IndiHome Konsisten Dukung Pengembangan Atlet Badminton Indonesia Melalui IGBA
Para atlet muda binaan IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) sukses menyabet banyak gelar juara di Gubernur (Jakarta) Cup.
 
Nasional
29/07/2022 16:48 WIB
Laba Bersih PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) Tumbuh hingga 222,9% pada Semester I/2022
PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) membukukan kinerja keuangan positif pada semester I/2022 baik dari sisi pendapatan, laba bersih, maupun earning before interest tax, depreciation, and amortization (EBITDA). Pencapaian ini didorong oleh tren kenaikan harga crude palm oil (CPO). 
Telkomsel