RM
Selasa, 04 Januari 2022 - 18:59 WIB

Rekor Baru, KMT KAI Commuter Terjual Lebih dari 2 Juta Kartu dalam Setahun

Foto/Dok-KAI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-KAI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sepanjang tahun 2021, Kartu Multi Trip (KMT) sebagai kartu uang elektronik terbitan KAI Commuter terjual mencapai 2.121.635 unit kartu. Mereka memilih menggunakan KMT karena praktis, mengurangi antrean, dan tidak perlu setiap hari bertransaksi menggunakan uang tunai yang berpotensi menularkan virus karena kerap berpindah tangan. Hasilnya, jumlah KMT yang beredar meningkat 171 persen sepanjang 2021.

“Pembelian KMT oleh pengguna KRL selama tahun 2021 mencapai 2.121.635 unit kartu. Angka tersebut menjadi catatan tertinggi sejak KMT diperkenalkan kepada pengguna KRL pada 2013, dan merupakan peningkatan 171 persen jika dibandingkan tahun 2020 yang terjual 781.991 unit. Secara keseluruhan saat ini terdapat 5.373.256 kartu yang telah beredar di masyarakat,” kata VP Corsec KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Menurutnya, porsi penggunaan KMT sebagai tiket untuk naik KRL juga semakin besar. Pada Desember 2021, 61% transaksi tiket KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta Solo menggunakan KMT. Angka tersebut meningkat dibanding pada awal tahun tepatnya Bulan Januari 2021 dimana hanya 54% transaksi yang menggunakan KMT.

Peningkatan pemakaian KMT ini juga merupakan kontribusi KAI Commuter dalam mendukung pemerintah mewujudkan program cashless society atau masyarakat yang bertransaksi menggunakan uang dalam bentuk non-tunai. Budaya transaksi secara non-tunai di sektor transportasi khususnya KRL akan mendorong perubahan budaya masyarakat secara umum karena besarnya jumlah pengguna KRL. Sepanjang 2021 KAI Commuter tercatat melayani 124.865.365 pengguna KRL baik di wilayah Jabodetabek maupun Yogyakarta – Solo.

Selain pilihan pengguna untuk beralih ke transaksi non-tunai, KAI Commuter juga berinovasi lewat sejumlah pengembangan KMT yang mendorong masyarakat untuk menggunakannya sebagai kartu bertransportasi. KMT saat ini dapat digunakan untuk membayar parkir di stasiun-stasiun KRL. Selain itu KMT juga dapat digunakan untuk naik Kereta Bandara Soekarno – Hatta. Dan, mulai Oktober 2021 KMT sedang diuji coba sebagai tiket untuk moda transportasi lain yaitu pada Trans Jakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta. Uji coba ini juga akan diperluas dengan pilihan moda transportasi di sejumlah wilayah lainnya.

“Besarnya minat masyarakat terhadap KMT juga didukung KAI Commuter dengan memberlakukan lebih banyak stasiun yang khusus melayani uang elektronik, termasuk KMT. Sepanjang 2021 terdapat 41 stasiun yang menjadi stasiun khusus uang elektronik. Dengan demikian, total saat ini ada 50 Stasiun yang khusus hanya melayani transaksi dengan KMT dan kartu uang elektronik dari bank yang telah bekerja sama dengan KAI Commuter,” terangnya.

Selain itu KAI Commuter juga mengeluarkan sejumlah edisi khusus untuk menarik minat masyarakat menggunakan KMT. Sepanjang 2021 ini terdapat empat desain khusus yaitu tema Kota Solo, HUT ke-76 RI, HUT ke-13 KAI Commuter, dan Kota Bogor.

“Saat ini KMT dapat diperoleh di seluruh stasiun yang melayani KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta – Solo. KMT dapat dibeli seharga Rp 30.000 sudah termasuk saldo Rp 10.000. Dengan sistem saldo, pengguna cukup bertransaksi saat saldonya akan habis. KMT juga tidak memiliki masa kedaluarsa sehingga dapat sewaktu-waktu dipakai kembali oleh pengguna,” tutupnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
Ferdian Timur Satyagraha Ditunjuk Sebagai Direktur Keuangan Pegadaian
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk selaku pemegang saham, menunjuk Ferdian Timur Satyagraha sebagai Direktur Keuangan, Perencanaan Strategis dan Manajemen Risiko PT Pegadaian dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar…
 
Nasional
10 jam yang lalu
MotoGP Mandalika, PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip
Jelang tes pra musim MotoGP yang akan dihelat tanggal 13 – 15 Februari 2022, PLN kembali mempersiapkan infrastruktur kelistrikan dengan menghadirkan layanan Zero Down Time (ZDT).
 
Nasional
10 jam yang lalu
Volume Pengguna Stabil, KAI Commuter Ajak Penumpang KRL Bersiap Masuki Musim Hujan
KAI Commuter mencatat bahwa volume pengguna KRL pada Senin pagi ini (17/1) tidak jauh berbeda dengan Senin pada pekan lalu.
 
Nasional
10 jam yang lalu
Lebih Ramah Lingkungan, AP I Terima Sertifikat Sistem Manajemen Energi Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai
Berkat penerapan Sistem Manajemen Energi yang ramah lingkungan, PT Angkasa Pura I (AP I) menerima sertifikat sistem manajemen energi ISO 50001:2018 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari TUV SUD Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 16:00 WIB
Konsorsium Jasa Marga Pemenang Lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Senilai Rp56,2 Triliun
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penambahan konsesi jalan tol dalam rangka menciptakan value bagi pemegang saham, sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader dalam industri jalan tol di Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 15:57 WIB
KAI: 2,1 Juta Orang Gunakan Kereta Api Selama Masa Natal dan Tahun Baru 2022
PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2022 yang telah berlangsung sejak 17 Desember 2021 s.d 4 Januari 2022.
 
Nasional
05/01/2022 15:20 WIB
Meski Dirut Terpapar Covid-19, PLN Pastikan Tidak Ada Pemadaman Listrik
Selama satu bulan terakhir Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memimpin langsung pengamanan pasokan batu bara di ruang War Room (Pusat Pengelola Informasi dan Solusi/P2IS) yang juga diikuti oleh jajaran Direksi dan manajemen PLN Grup hingga lebih dari 50 orang.
Telkomsel