MA
Jumat, 31 Desember 2021 - 19:09 WIB

Kilas Balik Capaian Program Ekonomi Digital 2021, Kominfo Patok Target Baru untuk 2022

Foto/Ist/Economiczone
Foto/Ist/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan berbagai upaya dalam mendukung berkembangnya sektor ekonomi digital Indonesia. Hal ini didasari pada kebutuhan pemulihan ekonomi pasca-pandemi serta potensi sektor ekonomi digital sebagai main economic driver bagi Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika telah mengarahkan agar pengembangan sektor ekonomi digital dilakukan secara komprehensif, di antaranya melalui program startup digital dan digitalisasi UMKM.

“Untuk memfasilitasi para pelaku startup digital, Kementerian Kominfo memiliki program komprehensif, mulai dari level pengenalan terhadap konsep pendirian startup hingga dukungan business matchmaking bagi startup digital untuk meningkatkan potensi pendanaan guna pengembangan skala usaha. Program tersebut meliputi: (1) Sekolah Beta yang memberikan wawasan dasar terkait konsep usaha startup; (2) Gerakan 1000 Startup Digital yang memfasilitasi inkubasi pendirian awal startup; (3) StartupStudio ID yang memfasilitasi pencapaian product-market-fit; (4) Hub.id yang memfasilitasi business matchmaking dan peluang investasi; serta (5) Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) yang memberikan mentorship kepada para pengembang gim lokal.” ujar Dedy Permadi Juru Bicara Menteri Kominfo pada Konferensi Pers Kaleidoskop 2021 Kementerian Kominfo (Kamis, 30/12).

Selain itu, sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo telah berhasil melaksanakan program digitalisasi UMKM melalui program fasilitasi active selling, Digital Entrepeneur Academy (DEA), danq UMKM di 10 kawasan wisata prioritas. Dalam program ini, peserta mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi aggregator, aplikasi Point-of-Sales (POS), serta Learning Management System (LMS). 

Target dan Tantangan Kominfo dalam Optimalisasi Ekonomi Digital Tahun 2022

Melihat kilas balik capaian-capaian tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital Indonesia dengan berbagai target baru di tahun mendatang.

“Di tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan (1) 100.000 peserta dapat mengikuti berbagai program pengembangan startup seperti: Sekolah Beta; Gerakan Nasional 1000 Startup Digital; Startup Studio ID; Hub.ID; dan IGDX; serta (2) 100.000 peserta dapat terfasilitasi dalam berbagai program digitalisasi UMKM terutama pada level active selling, yakni level lanjutan setelah digital onboarding.” jelas Dedy Permadi.

Pada Konferensi Pers tersebut, Dedy Permadi juga memaparkan beberapa tantangan dalam optimalisasi ekonomi digital di tahun mendatang, yakni: (1) jumlah sumber daya manusia (SDM) di bidang digital yang belum memadai; (2) pembukaan akses pasar pendanaan yang masih terbatas; (3) banyaknya UMKM yang belum memiliki akses keuangan dan perbankan; (4) infrastruktur logistik yang belum optimal di seluruh Indonesia; serta (5) budaya dan etika berbelanja daring yang belum teredukasi secara maksimal. Hal-hal tersebut akan menjadi perhatian serius Kementerian Kominfo dalam mengembangakan ekosistem ekonomi digital secara optimal di tahun depan.


 

TAGS
  1. Kominfo
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
Lebih Ramah Lingkungan, AP I Terima Sertifikat Sistem Manajemen Energi Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai
Berkat penerapan Sistem Manajemen Energi yang ramah lingkungan, PT Angkasa Pura I (AP I) menerima sertifikat sistem manajemen energi ISO 50001:2018 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari TUV SUD Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 16:04 WIB
Strategi PLN Amankan Pasokan Batu Bara
PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik setelah Pemerintah melalui Kementerian ESDM melakukan pelarangan ekspor kepada IUPK yang belum memenuhi DMO.
 
Nasional
06/01/2022 16:00 WIB
Konsorsium Jasa Marga Pemenang Lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Senilai Rp56,2 Triliun
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penambahan konsesi jalan tol dalam rangka menciptakan value bagi pemegang saham, sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader dalam industri jalan tol di Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 15:57 WIB
KAI: 2,1 Juta Orang Gunakan Kereta Api Selama Masa Natal dan Tahun Baru 2022
PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2022 yang telah berlangsung sejak 17 Desember 2021 s.d 4 Januari 2022.
 
Nasional
05/01/2022 15:20 WIB
Meski Dirut Terpapar Covid-19, PLN Pastikan Tidak Ada Pemadaman Listrik
Selama satu bulan terakhir Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memimpin langsung pengamanan pasokan batu bara di ruang War Room (Pusat Pengelola Informasi dan Solusi/P2IS) yang juga diikuti oleh jajaran Direksi dan manajemen PLN Grup hingga lebih dari 50 orang.
 
Nasional
05/01/2022 15:15 WIB
Natal dan Tahun Baru, KAI Commuter Layani 8 Juta Lebih Penumpang KRL
Pada masa layanan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021-2022) yang dimulai 17 Desember 2021, KAI Commuter mencatat total volume pengguna hingga Senin 3 Januari 2022 mencapai 8.239.007 pengguna.
 
Nasional
05/01/2022 15:13 WIB
Desember 2021, Trafik Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 6 Persen
PT Angkasa Pura I mencatat bahwa trafik penumpang di 15 bandara pada Desember 2021 mengalami pertumbuhan 6 persen dari 3.434.671 pergerakan penumpang pada November 2021 menjadi 3.604.974 pergerakan penumpang pada Desember 2021.
Telkomsel