RM
Senin, 13 September 2021 - 20:39 WIB

Kunjungi PNM Jawa Barat, Ini Harapan Menparekraf Sandiaga Uno

Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Kantor Cabang Permodalan Nasional Madani (PNM) Cirebon, Cimahi dan Bandung didampingi oleh Kindaris, Direktur Bisnis PNM dan Sunar Basuki, Direktur Kelembagaan Perencanaan.

“Saya berharap sektor usaha mikro mampu untuk terus bertahan di masa pandemi seperti saat ini, yang terpenting adalah sehat, dan jangan sampai lengah ketika kasus COVID-19 sudah mulai melandai lagi. Hingga saat ini (2021) sudah ada lebih dari 10 juta nasabah, ini menunjukkan bahwa potensi para pelaku usaha mikro sangat luar biasa sekali dalam mendukung ekonomi kreatif nasional,” ujar Menparekraf, Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (13/9).

Dalam kunjungannya di Cimahi, Sandiaga Uno menyoroti salah satu produk nasabah PNM Mekaar yang menghasilkan produk daur ulang kain perca dari limbah pabrik digabungkan dengan kain batik. Menurutnya, produk-produk yang telah dihasilkan dapat terus berkembang melalui PaDi UMKM, sebuah platform digital yang mampu menjadi fasilitator pelaku usaha lokal indonesia agar dapat terus mengembangkan potensinya.

“Dari Cimahi, data menunjukkan bahwa pertumbuhan mencapai 1 triliun, komposisi 600 miliar terdiri dari nasabah PNM Mekaar, 400 miliar terdiri dari nasabah PNM ULaMM. Jadi inilah akses permodalan dan momentum bagi kebangkitan sektor UMKM yang ada di kota Cimahi, mudah-mudahan dapat membuka lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami ingin meningkatkan kerjasama dengan PNM dalam kapasitas MoU dan perjanjian kerjasama untuk memberi akses kepada para pelaku parekraf sejumlah 34 juta yang membutuhkan sentuhan bantuan permodalan dari PNM,” ujar Sandiaga.

Kedepannya, Sandiaga Uno berharap dapat menjalin kerjasama dengan PNM melalui beberapa program kemenparekraf antara lain; kelas keuangan, temu bisnis, dan desa wisata. Kunjungan kali ini diakhiri dengan pemberian cinderamata kujang kepada Mas Menteri dari nasabah ULaMM PNM. Tukar menukar buah tangan dilanjutkan dengan balasan souvenir dari Sandiaga Uno kepada salah satu AO PNM, dan Walikota Cimahi.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya ke Cirebon, Sandiaga menuturkan beberapa diskusinya terkait dengan ekonomi kreatif, seperti daya saing produk di tengah pandemi serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan kedepannya untuk terus memberikan nilai tambah pada produk-produk yang dihasilkan oleh para nasabah PNM Mekaar, mulai dari segi kemasan hingga kualitas produk. Selain berdiskusi dengan para nasabah PNM Mekaar, Sandiaga Uno turut memberikan apresiasi dan motivasi pada Account Officer (AO) agar senantiasa bersemangat dalam mengelola pembiayaan 10,8 juta nasabah PNM.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
23/09/2021 17:42 WIB
Penumpang dari Luar Negeri Wajib Tes PCR di Bandara Soetta
Berdasarkan surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 77/2021, salah satu ketentuan yang harus dipenuhi oleh seluruh penumpang dari luar negeri adalah menjalani tes COVID-19 yakni tes molekuler isotermal (NAAT/jenis lainnya) di bandara kedatangan yang hasilnya dapat diterbitkan…
 
Nasional
23/09/2021 17:24 WIB
Dukung Prokes Terintegrasi, PeduliLindungi Sudah Digunakan 1 Juta di Bandara AP II
Sebagai upaya penerapan integrasi PeduliLindungi di berbagai sektor, PT Angkasa Pura II (Persero) berkolaborasi dengan stakeholder yakni maskapai,
 
Nasional
21/09/2021 20:49 WIB
Dorong Konsumsi Listrik, PLN Jalankan Empat Strategi
Aktivitas masyarakat menunjukkan sinyal pertumbuhan ekonomi yang baik. Salah satu indikasinya hingga Agustus 2021, realisasi konsumsi listrik mencapai 166,17 TWh.
 
Nasional
20/09/2021 18:39 WIB
Kota Kasablanka Sukses Distribusikan Lebih Dari 100.000 Vaksin Covid-19
Kota Kasablanka member of Pakuwon Group terus mendukung program pendistribusian vaksin covid-19 sesuai instruksi dan arahan pemerintah. Sejak bulan April 2021 hingga saat ini, Kota Kasablanka telah sukses mendistribusikan lebih dari 100.000 vaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi yang…
 
Nasional
20/09/2021 17:05 WIB
Holding BUMN Pangan, Presiden Joko Widodo Keluarkan Tiga Peraturan Pemerintah
Presiden Joko Widodo resmi menandatangani 3 (tiga) Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia terkait penggabungan BUMN Pangan sebagai proses menuju holding BUMN Pangan
 
Nasional
20/09/2021 17:03 WIB
Pengguna KRL Naik, KAI Commuter Konsisten Lakukan Prokes dan Pembatasan Penumpang
Melandainya penyebaran Covid-19 seiring dengan relaksasi PPKM yang diberlakukan pemerintah secara langsung meningkatkan aktivitas ekonomi di masyarakat.
 
Nasional
20/09/2021 16:57 WIB
Erick Thohir Janji ke Petani Tebu, Lapor Saya jika Tahun Depan Tidak Dapat Bibit Berkualitas
Menteri BUMN, Erick Thohir dalam kunjungan kerja ke Banyuwangi menyambangi PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII di lahan seluas 102,4 hektar yang terletak di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini.
Telkomsel