RM
Senin, 13 September 2021 - 20:39 WIB

Kunjungi PNM Jawa Barat, Ini Harapan Menparekraf Sandiaga Uno

Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PNM/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Kantor Cabang Permodalan Nasional Madani (PNM) Cirebon, Cimahi dan Bandung didampingi oleh Kindaris, Direktur Bisnis PNM dan Sunar Basuki, Direktur Kelembagaan Perencanaan.

“Saya berharap sektor usaha mikro mampu untuk terus bertahan di masa pandemi seperti saat ini, yang terpenting adalah sehat, dan jangan sampai lengah ketika kasus COVID-19 sudah mulai melandai lagi. Hingga saat ini (2021) sudah ada lebih dari 10 juta nasabah, ini menunjukkan bahwa potensi para pelaku usaha mikro sangat luar biasa sekali dalam mendukung ekonomi kreatif nasional,” ujar Menparekraf, Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (13/9).

Dalam kunjungannya di Cimahi, Sandiaga Uno menyoroti salah satu produk nasabah PNM Mekaar yang menghasilkan produk daur ulang kain perca dari limbah pabrik digabungkan dengan kain batik. Menurutnya, produk-produk yang telah dihasilkan dapat terus berkembang melalui PaDi UMKM, sebuah platform digital yang mampu menjadi fasilitator pelaku usaha lokal indonesia agar dapat terus mengembangkan potensinya.

“Dari Cimahi, data menunjukkan bahwa pertumbuhan mencapai 1 triliun, komposisi 600 miliar terdiri dari nasabah PNM Mekaar, 400 miliar terdiri dari nasabah PNM ULaMM. Jadi inilah akses permodalan dan momentum bagi kebangkitan sektor UMKM yang ada di kota Cimahi, mudah-mudahan dapat membuka lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami ingin meningkatkan kerjasama dengan PNM dalam kapasitas MoU dan perjanjian kerjasama untuk memberi akses kepada para pelaku parekraf sejumlah 34 juta yang membutuhkan sentuhan bantuan permodalan dari PNM,” ujar Sandiaga.

Kedepannya, Sandiaga Uno berharap dapat menjalin kerjasama dengan PNM melalui beberapa program kemenparekraf antara lain; kelas keuangan, temu bisnis, dan desa wisata. Kunjungan kali ini diakhiri dengan pemberian cinderamata kujang kepada Mas Menteri dari nasabah ULaMM PNM. Tukar menukar buah tangan dilanjutkan dengan balasan souvenir dari Sandiaga Uno kepada salah satu AO PNM, dan Walikota Cimahi.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya ke Cirebon, Sandiaga menuturkan beberapa diskusinya terkait dengan ekonomi kreatif, seperti daya saing produk di tengah pandemi serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan kedepannya untuk terus memberikan nilai tambah pada produk-produk yang dihasilkan oleh para nasabah PNM Mekaar, mulai dari segi kemasan hingga kualitas produk. Selain berdiskusi dengan para nasabah PNM Mekaar, Sandiaga Uno turut memberikan apresiasi dan motivasi pada Account Officer (AO) agar senantiasa bersemangat dalam mengelola pembiayaan 10,8 juta nasabah PNM.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
04/08/2022 17:39 WIB
CIMB Niaga Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung pemberdayaan ekonomi bagi para penyandang disabilitas (teman disabilitas) secara berkelanjutan.
 
Nasional
03/08/2022 16:07 WIB
CIMB Niaga Kembali Hadirkan Konser Kejar Mimpi untuk Indonesia
Menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Andi Rianto bersama Magenta Orchestra dengan sederet seniman inspiratif Anggun , Maudy Ayunda , Afgan , Rossa , Marcell , Dee Lestari , Sruti Respati , Lyodra , Cut Mini , dan Sandra Dewi .
 
Nasional
01/08/2022 16:28 WIB
Menteri Erick Thohir Persilahkan CFW Pindah ke Sarinah, Asal Tidak Dipolitisasi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyambut terbuka gagasan pemindahan ajang Citayam Fashion Week (CFW) ke Sarinah.
 
Nasional
01/08/2022 16:20 WIB
IndiHome Konsisten Dukung Pengembangan Atlet Badminton Indonesia Melalui IGBA
Para atlet muda binaan IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) sukses menyabet banyak gelar juara di Gubernur (Jakarta) Cup.
 
Nasional
29/07/2022 13:55 WIB
BTN Siapkan Klinik Untuk Konsultasi Bangun Rumah Secara Gratis
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus mendukung penyediaan perumahan rakyat yang layak huni. Terbaru, perseroan bersama Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM)…
 
Nasional
28/07/2022 20:04 WIB
Ulas Tantangan Resesi Ekonomi, Ralali Luncurkan Tiga Solusi Bisnis Lewat Executive Talks
Menggelar Executive Talks dengan bertemakan “Collaborative Growth in Challenging Time”, Ralali berfokus mencari solusi strategis untuk para pengusaha dan entitas bisnis Indonesia agar bertahan menghadapi urgensi tantangan ekonomi global.
 
Nasional
28/07/2022 20:00 WIB
New BMW X4 Hadir di Indonesia
Setelah meluncurkan dua kendaraan performa tinggi The Rebels Are Back: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition pada awal bulan Juli 2022, hari ini BMW Indonesia kembali perkenalkan penyegaran dari BMW Sports Activity Coupé, BMW X4 xDrive30i M Sport.
Telkomsel