MA
Senin, 22 Februari 2021 - 18:49 WIB

Cara Menangkal Hoax Vaksinasi Covid-19 ala Siberkreasi, Kemkominfo dan KPCPEN

Foto/Ist/Economiczone
Foto/Ist/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Virus Covid-19 telah setahun menyambangi Indonesia. 2 Maret nanti tepat 1 tahun kasus pertama Covid-19 terdeteksi di Indonesia. Saat ini Pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk memperlambat laju penyebaran virus dengan menerapkan Gerakan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) dan juga melakukan vaksinasi secara bertahap.

Akan tetapi, pelaksanaan vaksinasi ini belum disambut positif oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan vaccine hesitancy yang masih banyak di kalangan masyarakat. Vaccine hesitancy merupakan keengganan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap vaksin dan imunisasi menjadi penghambat terbesar upaya melindungi masyarakat dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan Imunisasi (PD3I). Vaccine hesitancy muncul dari banyaknya misinformasi dan informasi hoax yang beredar dan meresahkan masyarakat terkait vaksinasi ini.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), bersama Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) memberikan cara untuk menangkal hoax mengenai vaksinasi Covid-19, yang disampaikan dalam webinar “Vaksinasi Covid-19 untuk Keluarga, Antara Kebutuhan dan Harapan”, Sabtu (20/02).

Dilla Amran, Tenaga Ahli Madya Kantor Staf  Presiden yang turut menjadi salah satu pembicara pada webinar ini mengatakan, “Penanganan Covid-19 membutuhkan kerjasama dari semua pihak, Pemerintah tidak sendiri dalam penanggulangan Covid-19. Termasuk juga dalam mengejar cakupan vaksinasi hingga 70% populasi agar tercapai herd immunity. Kami menebar semangat gotong royong bersama media, pakar, dunia usaha dan terutama komunitas untuk terus dan berperan menyebarkan info yang baik dan benar kepada masyarakat, agar vaccine hesitancy bisa ditekan dan masyarakat bersemangat untuk divaksin.”

Menurut Aribowo Sasmito, Co-Founder & Fact-Check Specialist MAFINDO/Siberkreasi mengungkapkan “Saat ini sudah mulai terjadi infodemik, yakni informasi berlimpah terkait vaksinasi covid-19, termasuk upaya disengaja untuk memajukan agenda setting suatu kelompok. Infodemik ini tidak kalah berbahaya dengan pandemik itu sendiri karena banyak terdapat informasi-informasi tidak tepat (hoax) yang dapat menggiring opini publik terhadap vaksinasi, dan semakin parah dapat menggagalkan program vaksinasi yang menjadi solusi penanganan pandemi saat ini.”

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menangkal informasi hoax vaksinasi Covid-19, sebagai berikut:

Jaga Emosi

Emosi sangat mempengaruhi kita dalam menerima informasi. Setinggi apapun jabatan dan intelektual seseorang, jika menerima informasi dengan emosi maka intelektualitas mereka hilang. Jadi sangat mudah terpengaruh dengan berita yang tidak benar.

Pahami 5W1H

Tidak hanya wartawan atau media yang harus memahami dengan benar apa itu 5W1H (What, Where, When, Why, Who & How - Apa, Dimana, Kapan, Kenapa, Siapa, & Bagaimana), tetapi sebagai masyarakat, sudah saatnya untuk memahami konsep 5W1H ini guna memperoleh informasi yang berimbah dan akurat dan tidak mudah termakan oleh hoax.

Perbaiki Literasi

Jangan malas untuk membaca setiap informasi yang kamu terima. Teliti dengan sumber informasinya dan jangan hanya sekedar menyebarkan informasi tanpa menyaring dulu pesan yang ada di dalamnya.

Cek Fakta

Jika mendapatkan foto, video atau tautan berita, jangan malas untuk mengecek keaslian foto dan video serta sumber berita tersebut. Kamu bisa bisa menggunakan google atau pencarian gambar dan video untuk memastikan video dan foto yang kamu dapatkan merupakan kejadian yang sebenarnya. Untuk tautan berita, lihatlah dengan teliti apakan berita tersebut berasal dari media yang benar bukan abal-abal.

Hati-hati dengan kalimat pembuka yang provokatif

Kalimat pembuka provokatif menjadi salah satu penyebab penyebaran informasi hoax semakin luas di masyarakat. Kata-kata yang marak digunakan adalah “viralkan”, “sebarkan”, “bagikan” bahkan ada yang menggunakan kata ancaman.

“Saat ini situs resmi  covid 19 dari pemerintah telah memiliki fitur pencarian dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi akurat mengenai vaksinasi dan juga perkembangan kasus covid-19 di situs tersebut. Selain itu saat ini sudah ada fiturs mesin pencari anti hoax untuk mencari hoax yang sudah dibantahkan. Masyarakat juga bisa bertanya di chat bot  anti-hoaks MAFINDO dengan menggunakan kata kunci dan kirim ke nomor 085921600500,” tutup Aribowo.

Masyarakat Indonesia juga bisa mengakses  s.id/infovaksin untuk mendapatkan informasi berimbang seputar vaksin, mengecek kebenaran informasi yang beredar serta peraturan terbaru mengenai vaksin dan covid-19.

TAGS
  1. Kominfo
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
Lebih Ramah Lingkungan, AP I Terima Sertifikat Sistem Manajemen Energi Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai
Berkat penerapan Sistem Manajemen Energi yang ramah lingkungan, PT Angkasa Pura I (AP I) menerima sertifikat sistem manajemen energi ISO 50001:2018 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari TUV SUD Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 16:04 WIB
Strategi PLN Amankan Pasokan Batu Bara
PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik setelah Pemerintah melalui Kementerian ESDM melakukan pelarangan ekspor kepada IUPK yang belum memenuhi DMO.
 
Nasional
06/01/2022 16:00 WIB
Konsorsium Jasa Marga Pemenang Lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Senilai Rp56,2 Triliun
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penambahan konsesi jalan tol dalam rangka menciptakan value bagi pemegang saham, sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader dalam industri jalan tol di Indonesia.
 
Nasional
06/01/2022 15:57 WIB
KAI: 2,1 Juta Orang Gunakan Kereta Api Selama Masa Natal dan Tahun Baru 2022
PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2022 yang telah berlangsung sejak 17 Desember 2021 s.d 4 Januari 2022.
 
Nasional
05/01/2022 15:20 WIB
Meski Dirut Terpapar Covid-19, PLN Pastikan Tidak Ada Pemadaman Listrik
Selama satu bulan terakhir Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memimpin langsung pengamanan pasokan batu bara di ruang War Room (Pusat Pengelola Informasi dan Solusi/P2IS) yang juga diikuti oleh jajaran Direksi dan manajemen PLN Grup hingga lebih dari 50 orang.
 
Nasional
05/01/2022 15:15 WIB
Natal dan Tahun Baru, KAI Commuter Layani 8 Juta Lebih Penumpang KRL
Pada masa layanan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021-2022) yang dimulai 17 Desember 2021, KAI Commuter mencatat total volume pengguna hingga Senin 3 Januari 2022 mencapai 8.239.007 pengguna.
 
Nasional
05/01/2022 15:13 WIB
Desember 2021, Trafik Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 6 Persen
PT Angkasa Pura I mencatat bahwa trafik penumpang di 15 bandara pada Desember 2021 mengalami pertumbuhan 6 persen dari 3.434.671 pergerakan penumpang pada November 2021 menjadi 3.604.974 pergerakan penumpang pada Desember 2021.
Telkomsel